Kunjungi Dinkominfo Surabaya, Pemkab Bandung Pelajari Sistem Penanganan Cepat di Kota Surabaya

Kunjungi Dinkominfo Surabaya, Pemkab Bandung Pelajari Sistem Penanganan Cepat di Kota Surabaya

2017-10-31 10:57:33 +0700

Dinkominfo - Pengelolaan Sistem Penanganan Cepat di Kota Surabaya membuat beberapa institusi lain tertarik untuk berkunjung dan mempelajarinya. Kali ini dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung Kabupaten Bandung mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya untuk mempelajari Sistem Penanganan Cepat 112 yang diterapkan di Kota Surabaya.

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Kota Surabaya, Selasa (31/10). Sebangak 7 peserta rombongan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung diterima oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Galih Surjawidjaja, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bandung dalam sambutannya menyampaikan pihaknya melakukan kunjungan ke Surabaya untuk mengetahui pengelolaan layanan Sistem Penanganan Cepat 112 di Kota Surabaya. 

Galih menambahkan, Pihaknya ingin mempelajari dan mendapat informasi sebanyak-banyaknya dari proses penganggaran, pembentukan, prasarana pendukung Sistem Penanganan Cepat 112 , hingga pemberdayaan layanan pengaduan command center ini agar nantinya dapat diterapkan di Kabupaten Bandung.

Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya dalam sambutannya menyampaikan Sistem Penanganan Cepat 112  ini merupakan keinginan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini agar layanan pengaduan dari masyarakat dapat direspon secara cepat dan maksimal yang siap siaga 24 jam secara tepusat. Dari keinginan tersebut, maka muncullah inovasi nomor tanggap darurat 112 ini.

Menurut Cahyo, melalui nomor tersebut masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat maupun bencana atau jika membutuhkan bantuan. Layanan ini dapat diakses kapan saja dan bebas pulsa. Laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh petugas dengan respon time 10 menit. 

Sementara itu, Tito Rachmanto Kepala Seksi Layanan TI Dinkominfo Kota Surabaya, sebelum adanya layanan tanggap darurat ini, tiap OPD memliki nomor layanan sendiri sehingga sulit untuk melakukan penangganan bencana secara maksimal. Namun dengan adanya 112 ini, seluruh layanan tanggap darurat OPD dijadikan satu melalui Command Center yang terintegrasi.

Tito juga menjelaskan bahwa semua petugas di lapangan terlacak dan dapat dimonitor lewat aplilasi Siaga. Aplikasi tersebut juga menunjukkan lokasi-lokasi vital terdekat yang bisa digunakan ketika ada suatu kejadian. Ia juga menambahkan bahwa Sistem Penanganan Cepat 112 ini selalu aktif selama 24 jam setiap hari untuk seluruh masyarakat Surabaya. (mia)

Agenda
2017-11-14 15:51:28 +0700
Pertunjukan Rakyat
2017-11-13 14:50:04 +0700
Bursa Kerja Terbuka November 2017
2017-11-11 15:28:50 +0700
Pesta Cak Koen 2017
2017-11-10 13:16:39 +0700
Jadwal Pelaksanaan Bazar Usaha Mikro Tahun 2017
2017-10-30 09:41:30 +0700
Rangkaian Kegiatan Hari Pahlawan tahun 2017