Mahasiswa ITS Bertandang ke Dinkominfo Pelajari e-Government

Mahasiswa ITS Bertandang ke Dinkominfo Pelajari e-Government

2017-11-02 09:33:15 +0700

Dinkominfo-Tak henti-hentinya melakukan berbagai terobosan dan inovasi membuat Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya kembali mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Kali ini dari akademisi tepatnya mahasiswa S2 Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) datang berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Kamis (2/11). Rombongan diterima di Ruang Rapat Dinkominfo oleh Kepala Dinas Dinkominfo Surabaya, Antiek Sugiharti.

Achmad Affandi, ketua rombongan mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut ia bersama 8 mahasiswa S2 berkunjung ke Dinkominfo Surabaya dengan tujuan untuk belajar pengelola TIK dan pemanfaatan TIK untuk mendukung pelayanan publik, serta aplikasi e-Government baik dalam penggunaan internal maupun dalam pelayanan publik.

Antiek, Kepala Dinkominfo Surabaya sebelum memulai paparan terlebih dahulu mengobrol santai dengan rombongan mengenalkan jajaran para pejabat Dinkominfo Surabaya yang hadir dalam kunjungan ini. Diantaranya adalah Cahyo Utomo Sekretaris Dinkominfo, Yusti Mustiko Kepala Bidang Teknologi dan Informasi, dan Yudho Febriadi Kepala Bidang e-Government.

e-planning menjadi topik awal dalam paparan yang dihadiri oleh mahasiswa penerima beasiswa kemenkominfo ini. Antiek menjabarkan secara lugas bagian apa saja yang terdapat di dalam e-planning, diantaranya e-musrenbang, e-devplan, dan e-deplayment. 

e-musrenbang menjadi bahasan selanjutnya dalam kunjungan kali ini. e-musrenbang merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi warga Surabaya untuk memberi masukan terhadap pembangunan kota Surabaya. "dalam aplikasi ini, kita (Pemkot Surabaya) bisa tahu semua usulan dari warga, mulai dari tingkatan RW pun dapat kita lihat usulannya," tutur Antiek.

Antiek juga menjelaskan mengenai cc room 112 pusat pengendali bencana di Surabaya. "kita ada aplikasi yang dibangun khusus untuk menangani bencana namanya aplikasi siaga, e-mbengok. Masyarakat cukup telpon 112 atau buka aplikasi e-mbengok maka kita akan segera respon," pungkas Antiek.

Di akhir paparannya, Antiek juga memaparkan mengenai Mall Pelayanan Publik Surabaya ex.Siola yang telah diresmikan oleh Menteri PAN-RB RI. Di dalam Mall ini masyarakat dapat memanfaatkan berbagai pelayanan yang disediakan Pemkot Surabaya diantaranya pelayanan oleh Dispendukcapil, UPTSA, PDAM, hingga pelayanan pembuatan SIM dan SKCK. (hnm/pri)

Agenda
2017-11-14 15:51:28 +0700
Pertunjukan Rakyat
2017-11-13 14:50:04 +0700
Bursa Kerja Terbuka November 2017
2017-11-11 15:28:50 +0700
Pesta Cak Koen 2017
2017-11-10 13:16:39 +0700
Jadwal Pelaksanaan Bazar Usaha Mikro Tahun 2017
2017-10-30 09:41:30 +0700
Rangkaian Kegiatan Hari Pahlawan tahun 2017