Wakil Bupati Bangli Bertandang ke Surabaya Kaji Strategi Pemerintahan Berbasis Online

Wakil Bupati Bangli Bertandang ke Surabaya Kaji Strategi Pemerintahan Berbasis Online

2017-12-14 08:46:38 +0700

Dinkominfo-Komitmen good governance yang transparan dan akuntabel selalu diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Hal tersebut yang membuat Surabaya kini menuai banyak apresiasi dan prestasi. Pemerintah Kota Surabaya dinilai telah membangun berbagai inovasi baik dalam pengelolaan kota maupun pelayanan publik. 

Inovasi tersebut menjadi daya tarik pemerintah daerah lain untuk bertandang ke Surabaya dan menggali inovasi lebih dalam. Salah satunya Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli Provinsi Bali yang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surabaya. Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta memimpin langsung kunjungan kali ini.

Bertempat di Ruang Sidang Walikota Surabaya, Kamis (14/12) kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surabaya ini diterima dan dipimpin langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Risma mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Bangli di Kota Surabaya. Beliau juga mengucapkan terimakasih karena telah percaya dan memilih Kota Surabaya sebagai jujugan kunjungan kerja kali ini.
 
Di awal sambutannya Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan potensi wisata yang dimiliki oleh satu-satunya daerah di provinsi Bali yang tidak memiliki lautan ini yang dapat dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah Kintamani, Gunung Batur, dan Danau Batur. Beliau juga menyebutkan salah satu aset fauna Bangli, yakni Anjing Kintamini yang kini telah memiliki sertifikat Internasional.

Lebih lanjut Wakil Bupati yang memimpin daerah yang kaya akan hasil pertaniannya ini menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya bersama rombongan ke Kota Pahlawan. Di antaranya adalah untuk menggali informasi dan gambaran tentang tata kelola Pemerintahan serta mengorek tentang inovasi sistem elektronik Government yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Secara lugas Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan gambaran umum kota Surabaya. Baik secara geografis maupun demografis. Ia  juga menjelaskan tentang pemanfaatan e-Government, sistem terintegrasi berbasis IT dalam pengelolaan Pemerintahan. Sudah tidak ada lagi penggunaan kertas, karena kini semua proses dokumen telah berubah ke sistem online, lanjut Risma.  

Dalam menjalin komunikasi dengan publik, pemkot memiliki inovasi yakni media center dimana warga dapat memberikan masukan, kritik dan saran melalui berbagai saluran baik telepon, sms maupun portal media sosial. Inovasi terbaru, Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan layanan tanggap darurat 112 dimana seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya dapat secara cepat menangani laporan bencana secara cepat. 

Sebagai kota yang telah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pemerintahannya, semua layanan sudah berbasis online. Warga tidak perlu repot dalam mengurus layanan pemerintah, cukup diakses melalui smartphone maupun eKios, warga dapat mengurus layanan pemkot secara mudah dan cepat. (hnm/pri)

Agenda
2018-05-22 16:24:59 +0700
Roadshow & Bazar Ramadhan 1439 H
2018-05-21 17:28:56 +0700
Jadwal PPDB 2018
2018-05-14 21:57:50 +0700
Program Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri
2018-05-04 15:25:29 +0700
Pasar Malam Tjap Toendjoengan
2018-05-03 00:33:27 +0700
Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura)