24/07/2011 15:49:56
Sehari Bersenang-Senang Bersama Keluarga di Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2011

Dinkominfo - Sehari bersenang-senang bersama keluarga. Itulah konsep yang diusung dalam puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2011 yang pada tahun ini perayaannya sengaja digabungkan dengan perayaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS).

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BAPEMAS KB) Kota Surabaya selaku leading sector untuk acara ini bekerjasama dengan beberapa SKPD di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya lainnya yaitu, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bagian Hukum, serta dari beberapa LSM pemerhati anak Kota Surabaya, mengemas puncak perayaan acara tersebut dengan nuansa kekeluargaan yang sangat kental.

Sekitar 1500 orang dari sekitar 500 keluarga dari beberapa Kecamatan di Surabaya seperti Kecamatan Sukolilo, Gubeng, Wonocolo, Wonokromo dan Tenggilis sudah berkumpul di area Taman Flora, Manyar sejak pukul 05.30 pagi untuk mengikuti jalan sehat keluarga. Para orangtua saling bergandengan tangan dengan putra-putri mereka menyusuri jalan-jalan di sekitar Taman Flora tersebut.

Seusai jalan sehat, para orangtua dan anak langsung disambut dengan ritual sarapan pagi dan minum susu bersama. Suasana kekeluargaan yang hangat lagi-lagi menyelimuti area Taman Flora. Beberapa keluarga tampak kompak saling menyuapi anggota keluarganya dengan makanan masing-masing.

Selain acara jalan sehat dan minum susu, dilakukan juga dialog dan dongeng bersama keluarga, disamping atraksi-atraksi kesenian lainnya seperti tari-tarian, angklung, dan penampilan band, serta pembagian hadiah untuk para pemenang lomba yang diadakan pada tanggal 22-23 Juli yang lalu.

Para orangtua dan anak yang hadir dalam perayaan tersebut juga tidak mau melewatkan kesempatan untuk bermain bersama menggunakan beragam fasilitas permainan termasuk outbond yang memang telah tersedia di Taman Flora, sehingga semakin menambah keakraban dan mempererat hubungan emosional antar anggota keluarga.

Hal tersebut jugalah yang melatarbelakangi pemilihan Taman Flora sebagai tempat perayaan HAN tahun ini, seperti yang disampaikan oleh Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya, Dr. Ikhsan, S.Psi, MM. "Sengaja kami pilih tempat disini supaya lebih homy dan lebih dekat. Kita ingin membentuk ketahanan keluarga, bagaimana anak bisa lebih dekat dengan orangtuanya."

Dari serangkaian acara tersebut, tentunya yang tidak kalah penting adalah acara penandatanganan Deklarasi Bersama Menuju Surabaya Kota Layak Anak. Deklarasi tersebut bertujuan menegaskan komitmen bersama seluruh warga Kota Surabaya dan para pihak yang turut serta menggagas dan mengembangkan konsep pembangunan menuju Surabaya kota layak anak.

Terlebih lagi, Kota Surabaya baru saja memperoleh penghargaan nasional sebagai Kota Layak Anak, yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menneg PP dan PA), Ibu Linda Gumelar kepada Ibu Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT, Sabtu (23/7) kemarin, di Jakarta.

HAN 2011 menjadi momen bagi kota Surabaya untuk memantapkan program Kependudukan dan Keluarga Berencana, mendidik anak untuk berperilaku sehat, cerdas, berakhlak mulia dan berprestasi, serta meneguhkan komitmen Kota Surabaya menuju Kota Layak Anak, yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, sosial, partisipasi dan perlindungan anak, spiritualitas, pariwisata, sarana dan prasarana ruang publik dan lingkungan hidup. (Nv)   

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya