23/09/2011 16:34:28
Di Surabaya, Etape pertama Tour De East Java 2011 Digelar

Diskominfo - Etape Pertama Tour De East Java resmi dibuka Gubernur Jawa Timur, DR. H. Soekarwo, SH, M.Hum, (23/9) di depan Gedung Balai Kota Surabaya. Acara yang sudah masuk dalam kalender balap sepeda dunia ini , dilepas dengan bendera start oleh Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharani.

Untuk etape pertama ini, pembalap harus menempuh jarak 48 km, dengan memutari rute 30 lap, dimulai jalan Walikota Mustajab - jalan Wijaya Kusuma - jalan Ambengan - jalan Jaksa Agung Suprapto dan kembali ke jalan Walikota mustajab.

Pakdhe Karwo (sapaan akrab Gubernur Jawa Timur) dalam sambutannya menyampaikan dengan diadakanya Tour de East java yang keempat kalinya ini, maka membuktikan Surabaya aman untuk menggelar event sekelas international ini. Sehingga bagi yang ingin berkunjung ke Ibukota Provinsi Jawa Timur tidak perlu takut. “Kapan saja Jawa Timur, khususnya Surabaya aman untuk dikunjungi. Bagi siapa saja yang ingin berlibur, berbelanja bahkan berinvestasi Surabaya adalah tempatnya,” cetuk Pakdhe.

Even bergensi tersebut diikuti 14 tim internasional dan 4 tim lokal. Dalam Etape pertama kali ini, melombakan nomer kriterium yaitu para pembalap harus melewati 30 lap, serta melewati empat kali intermediate sprint. Di nomer ini, akan menjadi pertarungan antara sprinter andalan, dengan lintasan flat tanpa tanjakan. Semakin seru karena dalam etape pertama ini, tampak berjubel penonton yang antusias untuk menyaksikan acara ini.

Dalam lap terakhir keluar sebagai juara pembalap Boris Shpilevskiy dari Tim Tabriz Petrochemical Iran. Saat adu sprint, dia berhasil melepaskan diri dari 78 pembalap. Di urutan kedua ada pembalap Trengganu Pro Asia Cycling Team, Anuar Manan. Disusul oleh pembalap Hongkong Cina, Kwok Hong Ting.

Shpilevskiy menyatakan rasa senangnya karena bisa menjadi pemenang dalam etape pertama Tour De East Java 2011. “Kemenangan ini bukan hanya untuk diri saya sendiri, tapi juga kemenangan Tim, saya salut dengan animo penonton yang begitu antusias, sehingga layak jika kemenangan ini juga buat mereka semua “, ujarnya.

Sementara itu, etape kedua akan menempuh jarak 174 km dengan mengambil rute start semu dari Grahadi dilanjutkan menuju Medaeng-Taman-Mojokerto-Ploso-Babat-Lamongan-Kebomas dan finish di Gresik. Sedangkan etape ketiga, menempuh rute 238 km, dari rute Gresik-Sedayu-Paciran-Tuban-Merak Urak-Bojonegoro-Kebomas dan kembali finish di Gresik.(Aw/Vj/Ht/Hy)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya