16/09/2011 16:27:40
Kembangkan Daya Imajinasi Anak Dengan Membaca

Dinkominfo - Sebagai bentuk apresiasi minat baca pada anak, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya menyelenggarakan  Konferensi Perpustakaan Kota Surabaya Tahun 2011, Jumat (16/9) di Kantor Badan Arsip dan Perpustaan Kota Surabaya. Ditandai dengan pemukulan gong, konferensi tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Arsip & Perpustakaan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih, SH, MM mengatakan konferensi ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada anak. ”Untuk saat ini, Kota Surabaya sudah memiliki 393 lokasi titik perpustakaan, sehingga dengan tersebarnya perpustkaan ini diharapkan masyarakat Kota Surabaya terutama yang tinggal di daerah pinggiran kota dapat menjangkau serta meminjam buku yang disediakan,” kata Arini.

Tidak hanya sebagai sarana untuk membaca saja, Arini menyebutkan perpustakaan umum juga menggandeng beberapa UKM untuk membantu mengambangkan bisnis ketrampilan kue basah terutama di wilayah Rungkut dan sekitarnya. ”Untuk saat ini saja omzet dari penjualan kue basah mencapai 17 juta rupiah per bulan. Hal ini perlu ditiru dan dimplementasikan ke perpustakaan umum daerah lainnya”, Ujarnya.

Melalui acara ini pula, Badan Arsip & Perpustakaan Kota Surabaya menjalin kerjasama dengan beberapa stakeholder diantaranya Yayasan PT. HM. Sampoerna yang menyerahkan buku tentang taman baca dan Bank Permata Peduli secara simbolis menyerahkan 6 buah unit komputer yang diterima secara langsung oleh Walikota Surabaya.

Sementara itu, orang nomer satu di Surabaya ini mengungkapkan seiring dikeluarkannya Perda No. 5/2011 tentang Perpustakaan, maka pemerintah berusaha untuk tetap memaksimalkan dan mengembangkan Perpustakaan di tiap-tiap daerah di Indonesia. ”Dalam perkembangannya, perpustakaan di Ngagel rejo, Surabaya pernah mendapatkan peringkat 7 besar untuk seluruh Indonesia. Hal ini cukup membanggakan melihat perpustakaan di Kota Surabaya masih minim fasilitas,” tutur Risma.

Walikota Surabaya mengatakan, usulan untuk membangun Perpustakaan Umum sudah ada sejak dulu. Bahkan rencana ini sudah diajukan kepada Walikota Surabaya saat itu yaitu Bambang D.H. Dengan prasarana seadanya, lama kelamaan perpustakaan umum terus berupaya berkembang dengan menggandeng beberapa sponsor dan beberapa LSM, guna memperbarui koleksi buku yang ada.

Beliau menambahkan, akan lebih baik apabila Perpustakaan memperbanyak koleksi buku-buku ketrampilan, sehingga nantinya masyarakat bisa belajar kerajinan dan mengembangkan UKM di Kota Surabaya. “ Sumber pengetahuan semua berasal dari buku. Dengan buku semua anak yang membaca bisa berimajinasi, dan berkhayal, berbeda jika anak hanya disajikan dengan program-program acara yang ada di televisi. Kedepan, perpustakaan umum harus tetap berkembang demi tersalurkannya minat baca pada anak,” pungkas Risma. (Aw/Hy)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya