14/03/2012 12:46:33
Dispendik Beri Pengarahan Seluruh Kepala SMP

Dinkominfo – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mengumpulkan seluruh kepala SMP negeri, Selasa (13/3). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengarahan kepada kepala sekolah agar semua sekolah di Surabaya dapat melaksanakan ujian dengan jujur.

Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyebutkan sekolah diharapkan bisa berkomitmen agar tidak ada praktek katrol nilai pada ujian yang berlangsung mulai 12 hingga 17 Maret. “Saya minta kepada kepala sekolah untuk tidak ada upaya kontrol nilai dan para kepala sekolah menyanggupinya. Saya berharap tidak akan ada kecurangan dan saya yakin kepala sekolah tidak akan mengingkari komitmennya,” katanya.

Sebagaimana diketahui, nilai kelulusan siswa terdiri atas 60 persen nilai unas dan 40 persen nilai sekolah. Untuk penilaian dari sekolah terbagi dalam 60 persen hasil ujian sekolah dan 40 akumulasi nilai rapor mulai semester 1 hingga 5.

Masing-masing sekolah juga diberi kewenangan untuk membuat soal dan mengkoreksi jawaban. Hasil ujian nantinya dikirim ke Dispendik Surabaya, kemudian dikirim ke Dispendik Jatim dan diteruskan kepada Kemendikbud untuk digabungkan dengan hasil unas nanti. Otomatis antara sekolah satu dengan sekolah yang lain tidak sama. Namun, bobot kesulitan soal dipastikan sama. Sebab, penyusunan naskah soal mengacu pada standar kopetensi lulusan (SKL).

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya