17/03/2012 08:15:02
Final LCCK Tingkat Kota Siap Digelar

Dinkominfo – Walikota Surabaya, Tri Rismaharini direncanaka membuka Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif, Sabtu (17/3) di Taman Bungkul Surabaya. Acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya ini akan melombakan 3 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yakni KIM Venus (Kec. Gubeng), KIM Kakap Bahari (Kec. Bulak) dan KIM Semanggi (Kec. Sukolilo) untuk memperebutkan gelar tingkat kota.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Ir. Chalid Buhari menyebutkan lomba ini diadakan untuk memilih satu KIM yang akan mewakili kota Surabaya dalam LCCK KIM tingkat Bakorwil yang diselenggarakan oleh Dinkominfo Propinsi Jatim dan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka semarak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke -719 tahun 2012.

”Sebelum memasuki babak final, KIM peserta LCCK tingkat kota harus melewati beberapa tahapan yakni masing-masing KIM diuji kemampuan cerdik cermat dan komunikatif yang meliputi kemampuan mencari atau mengumpulkan serta mendiseminasikan informasi, kemampuan menyerap dan memahami, memilah dan memilih informasi, kemampuan mengkomunikasikan informasi kepada khalayak atau publik, serta penguasaan teknologi informasi (blog),” katanya.

Peserta LCCK KIM, lanjut Chalid merupakan hasil seleksi dari 18 KIM yang dikirim oleh kecamatan-kecamatan di kota Surabaya. Babak final LCCK KIM didahului dengan babak penyisihan dengan sistem penilaian gugur melalui seleksi administrasi meliputi struktur organisasi, susunan pengurus, AD/ART, agenda dan dokumentasi kegiatan, laporan keuangan, serta seleksi blog. 

”Babak semifinal LCCK KIM telah digelar pada 5 maret 2012 yang diikuti oleh enam KIM yang kemudian menyisahkan tiga KIM yang hari ini berkompetisi yaitu KIM Venus dari kecamatan Gubeng, KIM Semanggi kecamatan Sukolilo, dan KIM Bahari kecamatan Bulak. Serta untuk menambah wawasan dan penguasaan teknologi informasi para peserta LCCK KIM, diberikan pelatihan pembuatan blog kepada masing-masing KIM,” jelasnya. 

Chalid berharap pemenang LCCK KIM yang mewakili kota Surabaya di tingkat Bakorwil dapat lebih berhasil dari KIM sebelumnya yaitu KIM Anggrek yang menjadi juara III pada tahun 2011 yang lalu. Sehingga bisa menjadi juara I dan melaju ke tingkat propinsi bahkan nasional.

”Kemampuan KIM dalam memilih, memilah, dan menyebarkan informasi semakin meningkat. KIM semakin solid sebagai partner dari pemerintah kota Surabaya dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.(Hy)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya