25/05/2012 08:21:12
Festival Rungkut, Ruang Kreatif Masyarakat Surabaya Timur

Dinkominfo - Untuk kali kedua Festival Rungkut diselenggarakan Pemerintah Kota Surabaya melalui Kecamatan Rungkut bersama paguyupan UMKM kecamatan Rungut, Kamis (24/5) di halaman parkir Carrefour, jalan Raya Kali Rungkut.

Sebanyak 100 stan yang terdiri dari 65 paguyupan UMKM dan masyarakat umum ramaikan even yang diselenggarakan mulai 24 hingga 28 Mei 2012 ini. Hal tersebut disampaikan Binti Rochmah, Ketua Paguyuban UMKM Kecamatan Rungkut. Ia menjelaskan masing-masing kelurahan mendapatkan kesempatan menempati 10 stan untuk menampilkan produk-produk unggulan diwilayahnya.

"Bisa kita lihat bersama besarnya antusias warga kecamatan Rungkut mengikuti festival ini. Tak hanya kerajinan tangan atau souvenir, makanan olahan juga tersedia di sini contohnya nata de rebung. Minuman kaya manfaat ini diproduksi warga dari kelurahan Medokan Ayu," ujarnya.

Ridwan Mubarun, Camat Rungkut menyatakan even ini merupakan sebuah ikon program yang dimiliki kecamatan Rungkut yang bertujuan untuk membuka peluang seluas-luasnya kepada UMKM di kecamatan rungkut untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produknya kepada masyarakat Surabaya.

"Festival rungkut merupakan sebuah ikon program Kecamatan rungkut, oleh karena itu semua potensi yang dimiliki warga Rungkut ditampilkan. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan pada publik tentang karya yang mewarnai perkembangan wilayah timur Surabaya," katanya.

Ridwan menjelaskan tahun lalu, festival Rungkut dibarengi dengan dilaunchingnya buku profil UMKM di kecamatan Rungkut, dan untuk tahun ini bersamaan dilaunchingnya batik alang-alang. Tak hanya itu, even tahun ini dilakukan penguatan dibeberapa bidang publikasi, kepesertaan dan format acara agar masyarakat Rungkut dan sekitar banyak yang tertarik untuk mengunjungi. Yang menjadi perbedaan antara tahun ini dan tahun lalu adalah jika pada tahun lalu festival rungkut dipercayakan kepada even orgenaizer tetapi pada tahun ini sepenuhnya acara disusun oleh paguyuvban UMKM Rungkut.

"Festival ini juga menjadi kado persembahan masyarakat Rungkut untuk kota Surabaya yang telah berkembang dengan meraih beragam prestasi baik nasional maupun internasional. Berbagai acara telah disusun antara lain fashion show batik alang-alang yang diperagakan oleh bapak dan ibu Lurah, jalan sehat, lomba mengambar, pagelaran band pelajar dan mahasiswa serta tari-tarian, " pungkasnya.(Hy)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya