14/08/2012 16:16:36
Surabaya Dapat Hibah Dua Mobil PMK

Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya mendapat bantuan hibah dari Yayasan Damandiri berupa dua unit mobil operasional. Mobil tersebut merupakan pemberian dari Pemerintah Kota Kobe, Jepang kepada Yayasan Damandiri yang kemudian dihibahkan kepada Pemkot Surabaya.

Dengan adanya tambahan tersebut berarti menggenapi jumlah armada mobil PMK yang kini berjumlah 37 unit. Kepala Dinas PMK Chandra Oratmangun menjelaskan, 37 unit yang dimaksud terdiri dari mobil tangga, mobil logistik, rescue, pemadam, dan penyuplai. Sementara dua mobil baru merupakan jenis mobil penyuplai air untuk mobil penyemprot/pemadam. 

“Jadi kalau terjadi kebakaran mobil penyuplai ini yang mondar-mandir memasok air, sedangkan mobil pemadam tetap di lokasi menyemprot air untuk memadamkan kebakaran,” ujarnya pada acara serah terima mobil di Taman Surya, Selasa (14/8).

Dikatakan Chandra, tambahan dua unit mobil ini sangat berarti bagi dinas yang dipimpinnya. Selain dari segi penambahan jumlah, dua mobil itu memiliki kualitas yang lebih baik dari armada yang sudah ada saat ini. Beberapa keunggulan diantaranya memiliki kabin ganda berkapasitas enam orang sehingga mampu digunakan untuk mobilisasi personil, serta peralatannya sudah menggunakan teknologi tombol dan panel elektrik.

Tak hanya itu, untuk perawatannya juga lebih mudah ketimbang mobil damkar lainnya. “Mobil ini lebih mudah digunakan karena lebih praktis, semua serba elektrik, kalau mobil serupa yang tahun pembuatannya lebih lama masih menggunakan sistem manual,” kata mantan Kabid Bakesbang ini.

Kabid Sarana Prasarana PMK Sudarmanto menerangkan, meski kondisinya tidak baru namun kemampuan mobil damkar tersebut masih handal digunakan. Daya hisap pompa sekitar 2000 liter atau 2 meter kubik per menit dengan tekanan 20 bar. “Bahkan, sebenarnya bisa sampai maksimal 25 bar namun kami tidak mau ambil risiko biasanya 20 bar saja sudah cukup,” terangnya.

Rencananya, kedua mobil baru itu ditempatkan di pos pusat Jl. Pasar Turi No.21 dan tidak menutup kemungkinan diperbantukan juga ke daerah-daerah di sekitar Surabaya bilamana terjadi kebakaran. Ditanya apakah jumlah armada damkar di Surabaya sudah mencukupi?, Menurut Chandra belum, idealnya dibutuhkan 50 unit mobil untuk mengcover seluruh Surabaya.

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya