28/11/2012 12:48:03
70.000 Orang Serentak Bersih-Bersih Kalimas

Dinkominfo - Gebrakan demi gebrakan terus dilakukan Pemerintah Kota Surabaya bersama seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keindahan dan kebersihan kota. Kali ini bersama dengan Jawa Pos, Pemkot Surabaya gelar bersih-bersih Kali dengan melibatkan 70.000 orang, Rabu (28/11) disepanjang aliran Sungai Brantas.

Lokasi bersih-bersih Kali terbagi dalam tiga zona yakni A, B dan C. Zona A dimulai sekitar jembatan petekan hingga Monkasel dengan 11 lokasi subzona. Zona B mencakup jembatan Joyoboyo hingga Jembatan Karangpilang dengan 6 titik subzone. Sedangkan zona C terletak sepanjang pintu air Jagir menuju Wonorejo.

Saat kegiatan bersih-bersih Kali tersebut, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pemkot bukan hanya untuk mempertahankan kebersihan kota yang selama ini sudah membawa Surabaya menyabet berbagai penghargaan dibidang lingkungan, tetapi juga sebagai bentuk respon yang diberikan Pemkot Surabaya bersama elemen masyarakat dalam mendukung program yang telah dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni Indonesia Bersih yang kemudian berkembang menjadi Indonesia Berseri.

Ia tidak menyangka jika respon stakeholder dan warga kota sungguh luar biasa. Saling membantu dan bersemangat membersihkan kali yang ada di Surabaya. "Saya tidak menyangka jika jumlah peserta bersih-bersih kali sangat luar biasa banyaknya. Saya juga sangat kagum dengan warga Surabaya yang selalu memunjukkan semangatnya saat diajak untuk berbenah dan bersih-bersih. Terima kasih kepada semua yang telah mendukung kegiatan ini," ucapnya.

Ia meminta restu dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, mengingat lokasi bersih-bersih cukup luas sehingga ia pun meghimbau kepada peserta bersih-bersih untuk berhati-hati. "Mohon dukungannya agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, dan saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk berhati-hati karena area yang dibersihkan cukup luas dan sungai ini saya rasa cukup dalam," katanya.

Berdasarkan hasil pantauan, para peserta telah berada di lokasi dan bersiap memulai untuk bersih-bersih sejak pukul 6 pagi. Mantan Kepala Bappeko Kota Surabaya ini pun tak segan menegur peserta jika nampak berpangku tangan dan mengobrol.

"Ayo semua bergerak, jangan diam duduk atau ngerumpi. Buat apa datang kesini jika hanya bergerombol dan ngobrol. Ayo kesini, bantu teman-temannya mengangkat potongan kayu dan daun," seru Risma.

Untuk memastikan setiap zona dibersihkan, Risma dan beberapa orang berkendara menyisir sungai Brantas menggunakan perahu boat. Sesekali ia meminta anak buahnya untuk merapat ke tepi sungai, turun dan membantu peseta mengangkat lumpur dibantaran sungai. 
 

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya