05/02/2013 13:13:53
Pemkot Lakukan Seleksi Calon Kasek

Pendaftaran calon Kepala Sekolah (Kepsek) yang digelar Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan Kota Surabaya dilaksanakan sebanyak tiga gelombang. Gelombang pertama dibuka pada November hingga Desember 2012 yang diikuti sebanyak 333 guru. Gelombang kedua telah dilaksanakan pada 28 Januari hingga 4 Februari dengan jumlah peserta 684 guru.

Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya, Ikhsan mengatakan terdapat syarat yang harus dipenuhi guru agar dapat mengikuti pendaftaran calon Kasek. Pada pendaftaran gelombang pertama calon Kasek berusia maksimal 50 tahun. Sedangkan pada gelombang kedua calon Kasek berusia maksimal 55 tahun atau lebih tua dari pendaftaran pada gelombang pertama.

“Seleksi akan dilakukan dua tahap yakni secara online kemampuan manajerial dan tes psikologi. Pada seleksi online tersebut para peserta diwajibkan menjabarkan visi dan misi, ide mengembangkan sekolah serta berbagai hal tentang manajemen sekolah,” ucapnya.

Selain itu, lanjut mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana  (Bapemas) Surabaya menuturkan jika pendaftar akan menjalani tes psikologi dan wawancara. Melalui tes tersebut, kompetensi guru bias diukur, mampu dan kompeten menjadi kepala sekolah atau tidak.

Menurut Ikhsan, Dispendik tidak main-main dalam menyeleksi guru untuk menjadi calon Kasek. Guru yang dinyatakan lolos tidak serta merta akan menjadi Kasek, tetapi masih menjadi calon. Dengan menyandang status calon, mereka akan diikutkan kedalam pelatihan Kasek. Dengan pelatihan tersebut, diharapkan kompetensi mereka bertambah dan semakin professional.

Ikhsan menyatakan Dispendik akan merampungkan terlebih dahulu seleksi gelompang pertama dan kedua. Selanjutnya akan membuka gelombang ketiga pada pertengahan tahun. “Bagi guru yang belum mendaftar, diharapkan untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari jika berkeinginan untuk mendaftar menjadi calon Kasek,” pungkasnya.

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya