20/02/2013 10:47:17
Persiapkan Zonasi Atur Ritel Modern

Pertumbuhan ritel modern di kawasan perumahan dan beberapa lokasi strategis di Surabaya semakin pesat.Belum lagi permasalahan jarak yang kurang teratur antar ritel.

Oleh karena itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Surabaya mempersiapkan peraturan penertiban dan pengaturan jarak (zonasi) antar ritel modern.

Eko Agus Supiadi, Kepala Disperdagin, menyatakan bahwa langkah yang diambil adalah dengan mengarahkan para pelaku ritel modern agar mengatur dan menertibkan jarak antargerai, baik brand yang sama atau berbeda brand.

Hal ini dilakukan agar keberadaan ritel-ritel modern di tengah pedagang tradisional dapat dialihkan dan diminimalisasi persaingannya.

Ia menambahkan bahwa saat ini masih dalam pemrosesan peraturan tersebut dan dalam pengajuan untuk menjadi PERDA (Peraturan Daerah).
Selain itu, pihak Disperdagin akan mulai untuk mengkaji ulang untuk ijin tersebut.

Eko mengungkapkan bahwa pengaturan zona persebaran dan pembatasan kawasan tersebut guna menertibkan ritel modern.Seperti yang terjadi saat ini, begitu banyak ritel yang tumbuh di Surabaya. Padahal jika dilihat dari kacamata kebutuhan masyarakat Surabaya adalah masih tidak sesuai.

Guna memulai pembatasan dan zonasi ritel modern, nantinya akan dilakukan pengkajian operasional ritel modern yang hendak didirikan di suatu kawasan.

Apabila di suatu kawasan terdapat ritel yang terlalu banyak, maka salah satu atau beberapa ritel modern yang ada di kawasan tersebut tidak diperpanjang ijin operasionalnya.

Tentunya dengan penataan ritel modern yang tepat guna, masyarakat Surabaya bisa merasakan manfaat dalam memenuhi kebutuhan yang benar-benar sesuai.
 

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya