22/02/2013 12:02:01
Pemilihan Nakes Teladan Puskesmas Tahun 2013

Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Oleh karena itu keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kwalitas Sumber Daya Manusia Kesehatan. Namun dalam menetapkan sistem manajemen SDM kesehatan perlu dilakukan peningkatan dan pemantapan perencanaan, pengadaan tenaga kesehatan, pendayagunan dan pemberdayaan profesi kesehatan.

Maka dilakukan pemilihan nakes teladan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, motivasi, dedikasi dan loyalitas tenaga kesehatan dan untuk lebih meningkatkan prestasi kerjanya serta meningkatkan mutu dan jangkauan pelayanan kesehatan tingkat pertama di Puskesmas.

Sehingga dapat terlaksananya pemberian penghargaan Walikota Surabaya kepada tenaga kesehatan teladan di Puskesmas sebagai pengakuan atas keteladanan dalam pembangunan  kesehatan di wilayah Puskesmas yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dr. Esty Martiana Rahmie dalam sambutannya bahwa Nakes Teladan yang terpilih diharapkan menjadi sukses story bagi nakes yang lain. ”Sukses Story itu sederhana tetapi menjadi nilai yang tak terlupakan,” ungkap orang nomer satu di jajaran Dinkes Kota Surabaya itu.

Disamping tujuan itu, pemilihan nakes teladan juga bertujuan meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan didalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya dan meningkatkan minat tenaga kesehatan bekerja di Puskesmas. Sehingga nantinya juga akan tumbuh kompetisi yang sehat diantara tenaga kesehatan dalam upaya meningkatkan  pelayanan kesehatan tingkat pertama di Puskesmas.

Untuk pemilihan Nakes Teladan ini sasarannya dalah tenaga medis (Dokter / Dokter Gigi), tenaga keperawatan (Perawat/Bidan), tenaga kesehatan masyarakat (Sanitarian, Epidemiolog, entomolog, Penyuluh, Apoteker), tenaga gizi (Nutrisionis, Dietietik).

Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu tahap pertama tes tulis. Peserta pemilihan tenaga kesehatan sebanyak 221 orang dari 62 Puskesmas Kota Surabaya akan di ambil 20 orang untuk masuk pada penilaian tes presentasi.

Kemudian, dari hasil tes presentasi itu disaring kembali menjadi 12 orang untuk mengikuti tes kunjungan lokasi. Kunjungan ke lokasi akan disesuaikan dengan komponen penilaian yakni disesuaikan dengan peran dan fungsi tenaga kesehatan di Puskesmas.

Peran tenaga kesehatan di Puskesmas yaitu sebagai pengerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, sebagai pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, sebagai pegawai Puskesmas dan sebagai tenaga  kesehatan profesional.

Juri yang akan menilai yaitu dari Dewan Kota Surabaya, tim pengerak PKK Kota Surabaya, Bapemas dan KB Kota Surabaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR Surabaya, Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Pemilihan Nakes Teladan ini diharapkan dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang mempunyai sikapnasionalis, etis, dan profesional yang memiliki pengabdian yang tinggi,  berdisiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta dapat memegang teguh etika profesi. (Ima)  

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya