11/03/2013 10:33:40
Kuatkan Hubungan Diplomatik demi Majukan Dunia Pendidikan

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemajuan dunia pendidikan, salah satunya adalah melalui hubungan diplomatic dengan Negara lain.  Kali ini, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mendapat kunjungan sekolah dari dua Negara tetangga, yaitu Malaysia dan Thailand. Dr. Ikhsan, S.Psi, MM, Kepala Dispendik didampingi oleh kepala SMPN 6 Surabaya Drs. Idris, M.Pd dan Kepala SMPN 12 Surabaya Drs. Minoto, M.Pd menyambut langsung kedatangan Kunjungan rombongan dari sekolah tingkat SMP Penang Free School, Malaysia, Pitchai Rathanakan School, Thailand,  dan Takpittayakhom School, Thailand.

Kepala SMP Penang Free School, Tuan Haji Ramli Bin Abidin, menuturkan bahwa pihaknya saat ini telah bekerja sama dengan SMPN 6 Surabaya dalam berbagai hal demi kemajuan pendidikan bersama. Misalnya saja dalam bidang lingkungan, pertukaran pelajar, dan sosial budaya. Selain itu, menurut pihak SMP yang terletak di Malaysia ini   juga inginbekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Surabaya. SMPN 12 Surabaya yang akan menjadi sekolah jujukan untuk menjalin kerjasama dengan SMP Penang Free School.

Hampir serupa dengan yang diungkapkan Tuan Haji Ramli, Kepala Pitchai Rathanakan School, Thailand Mr.  Boonkeu Limsakul, mengutarakan bahwa pihaknya ingin bertukar informasi terkait sosial budaya, lingkungan, serta memajukan pendidikan secara bersama-sama. Saat ini sekolah yang dipimpinnya  sedang mengembangkan pendidikan dalam berbagai bidang. Siswa diajari untuk langsung terjun ke lapangan dengan memanfaatkan sumber daya lingkungan yang ada, seperti bercocok tanam.

Bak gayung bersambut, Kepala Dispendik, Dr. Ikhsan, S.Psi, MM mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung dengan program-program yang berkaitan dengan pendidikan berbasis lingkungan untuk dikembangkan di Surabaya. Ia mengharapkan kerjasama serupa bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain di Surabaya. Sehingga bisa semakin memajukan dunia pendidikan di Kota Surabaya.  

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya