26/03/2013 08:24:23
Usulan Pemkot untuk Penerimaan CPNS 2013

Dalam rangka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013, rencananya Pemkot akan mengajukan tambahan tenaga teknis sebanyak 130 orang. Jumlah CPNS yang akan diterima tahun ini di Pemkot Surabaya adalah sebanyak 440 orang.

Mereka terdiri dari 309 orang yang merupakan usulan tahun 2012 yang sebagian besar untuk tenaga guru serta tenaga kesehatan. Sementara sisanya, sebanyak 130 orang merupakan usulan tahun ini yang khusus untuk tenaga teknis.

Menurut Yayuk Eko Agustin, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, jumlah penerimaan CPNS sebanyak 440-an orang adalah masih belum memenuhi kuota.  Pasalnya, tiap tahun hampir 700 pegawai yang memasuki masa pensiun. Menurutnya, beban kerja cukup berat.

Mengingat kota besar seperti Surabaya ini butuh tenaga yang cukup banyak. Kalau, selama ini jumlah PNS di Pemkot ada sekitar 21.000 orang dan setiap tahunnya ada sekitar 700 orang pensiun, maka jumlah PNS akan terus berkurang karena penambahannya tidak sebanyak itu.

Namun, Pemkot melakukan upaya antisipasi dengan cara memaksimalkan penggunaan sistem tekhnologi informasi. Yayuk menambahkan bahwa Pemkot akan mencari sisi yang bisa dimaksimalkan, misalnya saja penggunaan IT (Informasi Teknologi), penggabungan Kelurahan dan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) yang dikurangi hingga menjadi 5 unit.

Tahun ini, di samping merekrut CPNS dari jalur umum. Pemkot Surabaya juga akan melakukan tes jalur khusus, yakni untuk tenaga  honorer yang ditetapkan oleh Menpan (K-2). Sedangkan honorer  yang masuk di bawah tahun 2005 (K-1) langsung diangkat sebagai CPNS.

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya