23/04/2013 15:22:57
Sinergitas KIM dan IT Dalam Pekan KIM Provinsi Jawa Timur ke-VII

Dinkominfo - Mulai hari ini (23/4), Kabupaten Sumenep akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ke-VII Provinsi Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Provinsi Jawa Timur ini terdiri atas beberapa rangkaian acara yang digelar di Graha Adi Poday, Sumenep hingga tanggal 27 April 2013. Rangkaian acara tersebut antara lain: Lomba Cerdik Cermat Komunikatif, Festival Pertura, Sarasehan KIM, Workshop TI, Lomba Blog, Pameran Produk Unggulan dan Produk Informasi KIM, Demo Pelayanan Informasi dan Konsultasi TI

Pada pembukaan acara, turut hadir Gubernur Jawa Timur, Dr.H.Soekarwo didampingi Bupati dan Wakil Bupati Sumenep serta Kepala Dinkominfo Provinsi. Dalam laporannya, Kepala Dinkominfo Provinsi Jatim, Harjogi,SH, MSi, menyatakan bahwa KIM merupakan lembaga sosial yang dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat dalam melakukan kegiatan pengelolaan informasi. Sehingga perannya sangat penting mengingat saat ini terpaan informasi begitu banyak melalui kecanggihan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sehingga, KIM juga harus bisa memilih, memilah, dan mengolah informasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menambahkan, sinergitas antara KIM dan TIK kunci utama dalam membentuk masyarakat yang melek informasi sekaligus pandai memanfaatkan tekhnologi. Hal ini sesuai dengan tema Pekan KIM kali ini yakni: "Penyebarluasan Informasi Berbasis Teknologi Informatika Menuju Masyarakat Jawa Timur Sejahtera".

Disamping itu, dalam sambutannya, Soekarwo juga menaruh harapan kepada peran KIM yang sangat penting. "Saat ini, perkembangan informasi sudah luar biasa pesatnya. Oleh karena itu, hendaknya KIM juga harus mengikuti kejadian yang update dan sering berdiskusi seputar topik-topik aktual. Selain itu, manfaatkan perkembangan TIK dengan baik!," tutur Pakdhe Karwo (sapaan akrab Soekarwo-red). (Lit)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya