24/04/2013 13:15:07
Wakil Walikota: Kesadaran Kolektif, Itu Yang Terpenting!


Dinkominfo - Wakil Walikota Surabaya, Bambang DH, Rabu (24/4) pagi ini menghadiri diskusi mengenai tata kota Surabaya di Hotel Bumi Surabaya, bersama para tokoh dan ahli di bidang tata kota dan lingkungan. Dalam diskusi yang bertajuk Peran Ruang Publik Untuk Wujudkan Kota Layak Huni ini, Pemerintah Kota Surabaya menggandeng Philips Indonesia yang diwakili oleh Robert Fletcher, Royal Country Manager Philips Indonesia.

 

Pentingnya ruang publik sebuah kota sebagai ruang ekspresi masyarakat merupakan salah satu indikator bahwa sebuah kota nyaman untuk ditinggali. Untuk menciptakan ruang publik yang baik dan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan warga penghuni kota Surabaya, maka pemerintah kota Surabaya mengajak para tokoh-tokoh kunci yang ikut berperan dalam membangun Surabaya untuk terlibat dalam diskusi ini. Bambang mengharapkan, rencana-rencana hasil diskusi ini nantinya harus dilakukan secara konsisten sampai kapanpun, meski pemerintahannya berganti.

 

Pada diskusi ini, Wakil Walikota Bambang DH banyak mencontohkan Kitakyushu sebagai kota yang harus ditiru oleh Surabaya. Kitakyushu yang merupakan kota industri di Jepang ini telah berhasil memperbaiki lingkungannya yang begitu tercemar, sehingga sekarang menjadi salah satu kota terbersih di Asia. Menurut Bambang, Surabaya mampu untuk menjadi seperti Kitakyushu. “Sebab kualitas Kalimas itu sebenarnya jauh lebih baik daripada Kali Murasaki yang ada di Kitakyushu sana. Kalau mereka bisa berubah, maka kita harusnya lebih bisa lagi.”

 

Kesadaran untuk berubah dituturkan Bambang harus dimiliki oleh seluruh penghuni kota Surabaya. “Semuanya harus punya keinginan kuat untuk berubah. Mulai dari pemerintahnya, masyarakatnya, LSM-LSM nya, dan lain-lain. Sebab baik-buruknya pembangunan fisik dengan baik-buruknya lingkungan sosial itu sangat berhubungan satu sama lain.” (Zaa)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya