16/05/2013 08:47:54
Terapkan e-procurement, Pemkot Surabaya Terima Penghargaan FutureGov

FutureGov Award merupakan penghargaan terbesar yang menilai keunggulan dari sektor publik di Asia Pasifik. FutureGov yang berpusat di Singapura ini adalah lembaga kajian pemerintahan terlama di Asia Pasifik, yang meliputi bidang pendidikan dan modernisasi kesehatan, yang berfokus ICT.

Kemarin (15/5) sekitar 200 pegawai negeri sipil senior dan perwakilan dari industri teknologi. Mereka menghadiri pengumuman pemenangan penghargaan dilakukan pada acara penutupan konferensi FutureGov Forum Indonesia, yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Dalam acara tersebut Kota Surabaya dan 10 institusi pemerintah lainnya mendapatkan penghargaan FutureGov Awards Indonesia 2013. Penghargaan tersebut terkait prestasi pembuatan program informasi dan administrasi yang transparan, dengan menggunakan jaringan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

James Smith, Managing Director FutureGov Singapura mengatakan, penghargaan tingkat regional tersebut merupakan prestasi yang bagus dalam pelayanan sektor publik yang telah dilakukan oleh belasan instansi pemerintah.

Menurut James, selama 6 tahun terakhir secara konsisten pihaknya menyoroti dan menelusuri manajemen proyek, perencanaan, dan visi lebih dari 500 instansi pemerintah. Tahun ini terdapat 14 kategori yang dimenangi oleh 11 instansi pemerintah di Indonesia.

Berikut beberapa institusi pemerintahan yang mendapat penghargaan FutureGov : Kementerian Agama, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Keuangan, Kemendagri, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan,Polda MetroJaya, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Universitas Indonesia.

James menambahkan, Pemerintah Kota Surabaya dinilai sebagai kota pertama di Indonesia yang menjalankan roda pemerintahan dengan menerapkan e-procurement.

Menurut James, Surabaya konsisten memimpin pengiriman layanan yang inovatif, terintegrasi, dan efektif mendukung peningkatan alur kerja. Tradisi tersebut berlanjut dengan jaringan ICT yang kuat dan dikelola dengan baik untuk mendukung aplikasi nasional dan regional.

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya menuturkan, pihaknya terus mendorong jajarannya untuk selalu berinovasi dan berkarya. Menurutnya, perolehan penghargaan bukan tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana seluruh jajaran bisa melayani masyarakat dengan baik dan lancar.

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya