11/06/2013 17:37:11
Deteksi Awal Kusta dan Tidak Jauhi Penderita Kusta

Penderita kusta di Surabaya pun menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Surabaya. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Surabaya, hingga pertengahan tahun ini ada 40 kasus yang dilaporkan. 

Menurut Wakil Supervisor Program Kusta Dinkes Surabaya, Imam Muhaji, berdasar laporan dari setiap puskesmas Imam menyimpulkan bahwa taraf penyakit pasien yang melapor sudah berkategori terlambat ketika mendapatkan penanganan medis. Dalam kondisi ini, penderita membutuhkan penanganan lebih intensif di puskesmas. Bahkan sampai dirujuk ke rumah sakit.

Imam menambahkan, upaya Dinkes untuk mengatasi hal tersebut antara lain meminta dokter atau perawat khusus di puskesmas yang menangani kusta untuk melakukan deteksi awal. Sehingga harus segera dilakukan pemeriksaan lengkap setiap kali ada warga yang ke puskesmas dengan gejala awal kecurigaan kusta.

Selain itu, Imam memberikan himbauan kepada warga untuk tidak mengucilkan warga yang terkena kusta. Pasalnya, penyakit ini tidak dengan mudah langsung ditularkan saat sekali kontak. 

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya