06/01/2010 11:02:39
Wujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera

Dinkominfo - Peringatan Hari Kesatuan PKK ke-37 kembali diperingati Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Selasa (5/1) di Panti Ketrampilan PKK Kota Surabaya. Tahun ini, peringatan tersebut mengambil tema “Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK Kita Tingkatkan Kinerja TP PKK dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sehat Sejahtera”. Acara tersebut sedikit berbeda karena menampilkan fragmen tentang KDRT yang diperankan oleh kader-kader dari Kel. Wonorejo.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Peringaran Hari Kesatuan PKK, Bu Mursam menyampaikan jika dalam era globalisasi persaingan masih sangat ketat, kita semua dituntut untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat agar tidak keliru dalam menerima globalisasi.

Selain itu, Bu Mursam juga menyampaikan dalam kurun waktu lima tahun terakhir melalui program-program yang telah dilaksanakan TP PKK Kota Surabaya dan kader-kadernya, program-program tersebut bermuara pada satu tujuan yakni untuk memperkenalkan bahwa gerakan PKK adalah gerakan yang memiliki tujuan untuk memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Salah satu diantara sekian banyak program yang telah diselenggarakan, program pelatihan berbasis ketrampilan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pelatihan tersebut tidak hanya mengikutsertakan perempuan-perempuan di Kota Surabaya tetapi juga menyertakan para kader-kader PKK di tingkat kecamatan maupun kelurahan,” ujarnya.

Wali Kota Surabaya, Bambang DH yang turut hadir dalam acara tersebut mengingatkan tentang apapun yang menjadi aktivitas PKK harus diarahkan kembali pada “gol” yakni mewujudkan keluarga sehat, sejahtera. “Jangan Sampai kita banyak menggelar kerjasama dengan berbagai pihak tetapi kita lupa dengan “gol” (pencapaian yang diinginkan, red),” ujarnya.

Dalam sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Vita Gamawan Fauzi yang dibacakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Dyah Katarina mengatakan bahwa peringatah Hari Kesatuan PKKselayaknua dilakukan tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini.

“Momentum peringatan seperti ini juga memberikan motivasi dan semangat para kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama yakni berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga,” ujarnya.

Terkait dengan tema peringatan, Ning Vita mengungkapkan jika tema ini mengandung makna bahwa dengan peringatan kinerjanya, TP PKK berupaya sesuai dengan misinya untuk mengajak keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga yang sehat, sejahtera dan memiliki ketangguhan membangun masa depan bangsa menghadapi tantangan global.

Tak lupa Ning Vita mengajak TP PKK dan kadernya untuk melakukan beberapa hal yakni meningkatkan upaya pemberdayaan keluarga, mengembangkan upaya pemberdayaan keluarga, berdayakan kelompok-kelompok dasawisma dan gelorakan terus semangat kepeloporan PKK dalam mewujudkan kualitas SDM dan masyarakat Indonesiayang semakin handal dan mampu  mengatasi permasalahnya.

Hadiri pula Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Tjajani Retno Wilis, Wali Kota Surabaya, Bambang DH, Kepala Bappemas Kota Surabaya, Ikhsan, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih, Kepala Bagian Humas Kota Surabaya, Nanis Chairani dan Pengurus Tim Penggerak PKK beserta kader-kader di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan.

Dalam kesempatan tersebut, juga diberikan penghargaan kepada para keder yang telah melaksanakan tugas sebagai kader PKK dengan masa bakti selama 10 tahun. Adapun perwakilan kecamatan dan kelurahan yang mendapatkan penghargaan yakni kec. Wonokromo, kec. Tegalsari, kec. Rungkut, kec. Sememi, kec. Benowo. Untuk kelurahan yakni kel. Wonokromo, kel. Wonorejo, kel. Kali rungkut, kel. Wonokusumo, serta kel. Sememi. Dan pemberian bantuan buku dari Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya kepada PAUD di lima kelurahan.(SyL)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya