06/01/2010 15:00:43
Penandatanganan Berita Acara Serah Terima DAK2 & DP4 PEMILUKADA Surabaya

Dinkominfo - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya menyelenggarakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2) & Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk PEMILUKADA Surabaya Tahun 2010, Selasa (5/1) di ruang sidang Wali Kota Surabaya.

Penandatanganan berita acara dilakukan oleh Wali kota Surabaya, Bambang DH dengan Ketua KPU kota Surabaya, Eko Sasmito yang disaksikan ketua DPRD Kota Surabaya, Wishnu Wardhana dan penandatanganan saksi-saksi diwakili ketua DPRD Kota Surabaya.

Acara yang diselenggarakan untuk memenuhi permohonan KPU kota Surabaya tentang data penduduk pemilih Pemilu sesuai dengan surat nomor 127/KPU-Kota 014329945/XII/2009 tertanggal 10 desember 2009 ini di hadiri Ketua DPRD Kota Surabaya, Wishnu Wardhana, Ketua KPU Kota Surabaya, Eko Sasmito, Wali Kota Surabaya, Bambang DH, Pejabat di lingkungan Kota Surabaya dan Ketua Parpol peserta Pilkada 2010.

Dalam laporan yang disampaikan, Kartika Indrayana, Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya menyampaikan jika data yang disajikan diambil pada tanggal 27 Desember 2009. Dengan hasil data agregat penduduk 2.936.326 jiwa, DP4 sejumlah 2.237.465 jiwa dengan perincian laki-laki sebanyak 1.102.149  dan perempuan sebanyak 1.135.316 jiwa.

Menurut  Wali Kota Surabaya, BAmbang DH dengan dilaksanaan penandatanganan berita acara serat terima DAK2 dan DP4 merupakan indicator kesiapan didalam melaksanakan pemilukada di tahun 2010.

“Mudah-mudahan dengan kesiapan ini dapat menghasilkan yang baik dan diharapkan agar validitas data yang disajikan akan sangat tinggi, oleh karena itu koordinasi dengan berbagai pihak mulai Dispenduk, Camat, Lurah sampai RT dan RW terus dilakukan dengan baik. Sehingga hal-hal yang terkait dengan pemilihan tidak ada yang terlewatkan,” ujarnya.

Karena menurut Cak Bambang, sebagaimana pengalama-pengalaman yang lalu biasanya persoalan yang timbul diantaranya akibat validitas data yang kurang baik. “Saya sadari bahwa mungkin data masih akan berubah dengan dinamika yang berkembang apakah mungkin akibat adanya mutasi, kematian dan sebagainya. Mudah-mudahan jika terjadi kembang susut jumlahnya tidak terlalu banyak,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Surabaya, Eko Sasmitro menyampaikan jika penyerahan DP4 & DAK2 ini merupakan salah satu syarat awal proses pemilukada di kota Surabaya. Agregat penduduk diperlukan dalam rangka memenuhi UU no 12 terutama berkait dengan dukungan terhadap calon  perorangan bagi nanti yang mencalonkan sebagai calon walikota.

“Dengan pertimbangan bagi penduduk yang lebih dari 1 juta, syarat dukungan mencapai 3% maka perkiraan nanti di Surabaya kurang lebih 90 ribu dukungan yang harus diberikan para calon pemilih kepada calon kepala daerah,” ucapnya.

Menurut Cak Eko, untuk DP4 sebenarnya adalah bagian dari proses menjadi DPS (daftar pemilih sementara). Tentu saja dalam prosesnya nanti akan sandingkan dengan data yang dimiliki yakni data terakhir pada pemilu presiden beberapa waktu yang lalu sehingga proses verifikasi atau pemutakhiran data biasa berjalan dengan baik. Lebih lanjut Cak Eko mengingatkan agar segera dibentuknya Panwaslu agar tahapan-tahapan awal untuk pemilukada biasa segera dipersiapakan dan dimulai.(SyL)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya