22/01/2010 18:19:45
Wali Kota Surabaya Tanda Tangani Kontrak Kinerja APBD TA 2010

Dinkominfo – Setelah melaksanaan rapat – rapat klasikal yang diselenggarakan pada 18 – 21 Januari 2010, Bagian Bina Program Kota Surabaya menggelar Penutupan Rapat Kerja Teknis (RAKERTEK) dan Penandatanganan Kontrak Kinerja APBD TA 2010, serta Pembagian Rapor Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah SKPD untuk APBD TA 2009, Jum’at (22/01) di Lt.2 Lobby Balai Kota Surabaya.

Rapat Klasikan yang diselenggarakan selama empat hari tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang masalah teknis dan regulasi terkait pelaksanaan APBD. Kegiatan tersebut telah berjalan dengan lancar, dengan diikuti 72 Pengguna Anggaran, 172 PPKm dan 368 PPTK dilingkungan Badan, Dinas, Kantor dan Bagian di Pemerintah Kota Surabaya.

Dalam laporannya, Kepala Bagian Bina Program Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji menyampikan jika pemetaan pemahaman tentang ketentuan terkait pelaksanaan APBD yang dilakukan dengan metode pre test – post test oleh BKD pada setiap pelaksanaan kegiatan klasikal menunjukkan bahwa secara umum sudah cukup baik. “Adapun data mengenai pemetaan pemahaman sebagai berikut : Rata-rata skor atas pemahaman materi adalah 56,24, yang mana 47,62% diatas rata – rata dan 52,38 % dibawah rata – rata, dengan nilai tertinggi 79,92 dan terendah 36,43,” ujarnya.

Cak Agus menjelaskan jika materi yang paling dipahami oleh para PA, PPKm dan PPTK adalah Materi Manajemen Kerja dan Penyusunan Anggaran dan yang paling kurang dipahami adalah Materi Pengadaan barang/jasa dan Proses Pencairan Keuangan. “Diantara yang paling memahami materi adalah Pejabat Pembuat Komitment (PPKm), kemudian Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan yang terakhir adalah Pengguna Anggaran (PA) / Kuasa Pengguna Anggaran (KPA),” paparnya. Sedangkan berdasarkan data perencanaan dan tolok ukur di eProject yang dijadikan konten kontrak kinerja APBD TA 2009, telah dilakukan proses evaluasi kinerja melalui aplikasi ePerformance.

Cak Agus menambahkan jika metode perhitungan dilakukan dengan mengambil parameter pada Permendagri 13/2006 yang paling pokok yaitu : Efektifitas, Efisiensi Dan Konsistensi Perencanaan yang kemudian di jabarkan kedalam Surat Edaran Wali kota Nomor 050/ 3287/436.2.2/2009, tanggal 10 Juli 2009 perihal Pelaksanaan Evaluasi Kontrak Kinerja dan Penilaian Surabaya Performance Award 2009.

“Hasil rapor kinerja pengelolaan keuangan daerah ini bukanlah satu – satunya ukuran performance SKPD. Masih ada performance dari sisi leadership, performance dari sisi layanan publik dan lain – lain. Jadi jika nilainya masih kurang bagus dimohon tidak berkecil hati, tapi jadikanlah cambuk motivasi untuk memperbaiki di tahun 2010 agar total kinerja APBD yang dipertanggung jawabkan oleh Bapak Wali kota menjadi semakin baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Bambang DH, Wali kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan bahwa terkait dengan RAKERTEK yang menjadi agenda rutin, hal tersebut merupakan salah satu cara mengoptimalkan performance organisasi. "Didalam optimalisasi performance organisasi tersebut salah satu hal yang dicapai adalah peningkatan kualitas SDM, selain peningkatan koordinasi walaupun dari waktu ke waktu selalu koordinasi dan pengawasan yang lemah ini masih menjadi kelemahan kita," ujarnya.

Menurut Cak Bambang saat pemerintah daerah lain sedang membahas atau melakukan seminar tentang reformasi birokrasi, Pemerintah Kota Surabaya sudah lama melaksanakannya. "Jadi ini kontrak yang ke dua, oleh karena itu kita akan memulai, membangun kerja organisasi yang terukur dan terarah serta capaian-capaian dapat dilihat sewaktu-waktu secara objektif," ujarnya.

Cak Bambang optimis jika upaya ini secara konsisten, jeli dan berkelanjutan dilakukan apalagi penilaian secara objektif dilakukan dan disertai pengajaran remedial, kinerja Pemerintah Kota Surabaya akan semakin membaik dan reformasi birokrasi akan betul-betul ada di Kota Surabaya. Diakhir sambutanya, Cak Bambang berpesan agar untuk mewujudkan ekspresi rasa syukur terhadap penilaian rapor kinerja yang diberikan hari ini sepatutnya dilakukan dengan meningkatkan kerja keras, cerdas dan ikhlas.(SyL)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya