12/02/2010 10:58:06
Waterbird Watching Race Kembali Digelar

Dinkominfo –Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan Insitutut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menggelar Waterbird Watching Race 2010. Kegiatan yang digelar ke-4 kalinya ini dibuka oleh Wakil Walikota Surabaya Arif Afandi, Jum’at (12/2) di Lt. 3 Fakultas Biologi ITS.

Ketua Panitia Waterbird Watching Race 2010, Anindya, mengatakan bahwa kegaitan tersebut dilakukan di dua lokasi yakni di Medokan Ayu Tambak (Surabaya) dan Bangkalan (Madura). “Dipilihnya lokasi Bangkalan - Madura karena spesies burung di sana (Madura-red) tidak kalah menarik dengan spesies burung di Surabaya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Surabaya, Arif Afandi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena selain memiliki makna akademis juga memiliki makna ideologis. “Waterbird Watching Race ini dapat mengontrol pemerintah sehingga dapat membantu meminimalisir terjadinya ketimpangan-ketimpangan alam,” tutur Cak Arif.

Kegaiatan yang mengambil tema “Enjoying bird Conservation with love in Suramadu’s bird watching” diikuti sebanyak 26 tim dari 18 komunitas pengamat burung yakni komunitas dari Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara.

Dengan coverage area yang lebih luas yakni Surabaya dan Madura,  diharapkan akan dapat ditemukan spesies baru. Selama ini, pengamatan burung baru dilakukan di Wonorejo kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) yang menjadi tempat singgah burung-burung migran dari Alaska maupun Australia. Dan tercatat lebih dari 147 spesies burung.

Waterbird Watching Race 2010 merupakan salah satu upaya untuk penyadaran masyarakat akan pentingnya penjagaan ekosistem alami, khususnya untuk membangkitkan ekowisata di daerah Surabaya dan Madura. (dee)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya