08/11/2010 15:55:39
Pemkot Sosialisasikan Perpres No. 54 Tahun 2010

Dinkominfo – Sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden No. 80 Tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Surabaya menyelenggarakan In House Sosialisasi Pengadaan barang dan Jasa Peraturan Presiden (Perpres) No.54 Tahun 2010, Senin (8/11) di Graha Sawunggaling.

Dalam sambutannya, Kepala BKD, Eko Yayuk Agustin menyampaikan, dengan diberlakukannya Perpres No. 54 tahun 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah maka pengguna barang dan jasa atau panitia atau pejabat wajib memenuhi persyaratan sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“ Kita harus dapat bekerja cepat, begitu ada perubahan perpres seperti perubahan dari Perpres No. 80 tahun 2003 menjadi Perpres No.54 Tahun 2010 tentang Pengdaan Barang dan Jasa Pemerintah ini, maka kita juga harus bisa cepat menyesuaikan,”jelas Yayuk.

Lebih lanjut Yayuk berharap, dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta memiliki pengetahuan secara profesional serta mentalitas yang tinggi dalam pelaksanaan ketentan perundang-undangan yang berlaku secara efektif dan efesien.

Sementara itu, dalam sambutan Walikota Surabaya yang dibacaka Asisten Administrasi Umum, M. Taswin menyebutkan, melalui In House Pengadaan Barang dan Jasa ini diharapkan para pejabat/panitia pengadaan memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan, bertindak tegas dan mampu menjadi teladan dalam bersikap, mampu berperilaku serta tidak terlibat Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 54 bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang substansi dan perbedaan peraturan presiden tersebut dengan aturan pengadaan barang/jasa sebelumnya,” ujar Taswin.

Pada kesempatan tersebut, Taswin juga berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan In House ini dengan sebaik-baiknya, sehingga memiliki kesamaan dalam memahami Peraturan Presiden No. 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Adapun peserta sosialisasi yakni para Pejabat Pembuat Komitmen (PPKm), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTk) serta para panitia pengadaan barang dan jasa pada dinas, bagian, badan, kantor dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yang berjumlah 810 orang. Dengan rincian antara lain, PPKm berjumlah 319 orang, PPTk berjumlah 445 orang 46 orang dari panitia Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Sedangkan tenaga pengajar pada sosialisasi yang rencananya akan digelar selama tiga hari ini berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Bagian Bina program dan ULP Kota Surabaya.(dee)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya