23/11/2010 15:34:12
Ciptakan Pemerintahan Yang Baik Melalui Reformasi Birokrasi

Dinkominfo - Sebanyak 310 pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dilantik Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (23/11) di Graha Sawunggaling.

Dalam sambutannya, Risma menyampaikan jika kegiatan pelantikan dan mutasi pejabat adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai.

“Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan penigkatan kinerja, pelantikan ini hendaklah dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu,” katanya.

Ia menjelaskan jika pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum.

Risma mengungkapkan acara pelantikan kali ini  disamping  untuk mengisi kekosongan pejabat struktural yang telah memasuki usia pensiun serta menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik agar tetap berjalan.

“Juga untuk pemantapan organisasi dan peningkatan kapasitas kelembagaan, artinya dengan pengisian jabatan struktural yang secara lengkap terisi, secara totalitas roda organisasi sekretariat pemerintah kota surabaya sudah siap beroperasi untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” lanjutnya.

Risma menyebutkan parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pangkat serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara.

“Dalam konteks ini, mutasi pejabat harus dimaknai sebagai suatu penugasan, dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah. Setiap perpindahan tugas dan area kerja akan memperkaya pengalaman setiap pegawai dalam mengadaptasi lingkungan strategis yang berubah sedemikian cepat menyesuaikan perubahan zaman dan dapat menjadi potensi pengkayaan dan pembinaan karier,” tutur Risma.

Diakhir sambutan Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan  Kota Surabaya ini menjelaskan jika pembinaan karier harus selalu dilihat sebagai salah satu tujuan dari keseluruhan kebijakan pemantapan organisasi dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi.

”Demikian beberapa arahan yang dapat saya sampaikan kepada saudara-saudara, dengan maksud agar dapat digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab masing-masing,” pungkas Risma. (SyL)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya