18/03/2011 11:03:05
Makanan Tambahan Untuk Balita Keluarga Miskin

Dinkominfo – Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan jika Pemerintah Kota Surabaya akan mengcover semua biaya kesehatan bagi ibu hamil dari gakin yakni mulai masa kehamilan, persalinan dan pascapersalinan. Hal ini ia ungkapkan pada acara Evaluasi dan Supervisi Peningkatan Pelayanan Publik, Kamis (17/3) di Gedung Negara Grahadi.

Risma meyebutkan meski si ibu tidak terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesmasda), si ibu hamil tersebut tidak perlu takut untuk memeriksakan kehamilannya, karena anggaran untuk membantu ibu hamil dari gakin sudah dianggarkan dalam APBD Kota Surabaya.

Menurut Risma tidak hanya diberikan bantuan sampai melahirkan. Perawatan bayi mulai lahir hingga berusia tiga bulan juga akan ditanggung Pemkot Surabaya. Bantuan tersebut juga berlaku untuk masyarakat Surabaya yang sudah lanjut usia (lansia) yakni berupa makanan tambahan setiap bulannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Esty Martiana Rachmi menambahkan pemberian bantuan kesehatan bagi ibu hamil dari gakin nonkuota dimaksudkan menjaga agar si janin yang ada di dalam kandungan tetap sehat. Untuk mendapatkan layanan tersebut cukup mudah yakni menunjukkan surat keterangan gakin dari RT, RW dan Kelurahan.

“Untuk memberikan layanan kesehatan bagi gakin nonkuota Jamkesmas dan Jamkesmasda, Pemkot bekerjasama dengan 24 rumah sakin di Surabaya. Selain untuk ibu hamil dan lansia, pemkot juga memberikan bantuan kepada bayi dengan kondisi gizi buruk yang mendapatkan paket tambahan makanan selama tiga bulan serta bayi gakin dibawah usia tiga tahun dan mereka yang terkena TBC serta kanker. Makanan tambahan tersebut berupa susu dan biskuit,” katanya.(SyL)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya