08/04/2011 14:37:14
Upaya Dispendik Tingkatkan Kejujuran di Sekolah

Dinkominfo – Dinas Pendidikan Kota Surabaya gelar Konsolidasi bersama para Kepala SMA/MA/SMK se-Kota Surabaya, Kamis (7/4). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menekan tingkat kejujuran di lingkunga sekolah di Kota Surabaya.

Rubby Winarko, Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengatakan sekolah harus sepakat untuk menjaga kejujuran terutama soal kerahasiaan soal-soal ujian. Rubby menyebutkan jika soal dikirim dari Dispendik Propinsi ke Dispendik Kota Surabaya pada 13 April, sedangkan dipindahkan ke Polrestabes pada 16 April 2011.

Rubby menghimbau kepada para kepala sekolah untuk melaksanakan prosedur yang ditetapkan dalam menghitung dan mengecek jumlah soal yang didistribusikan di Polrestabes sesuai dengan jumlah sekolah penyelenggara di setiap subrayon. Dan penghitungan naskah soal tersebut akan diawasi oleh pengawas dari Dispendik, pengawas Dikmen dan Polrestabes.

Dispendik mengingatkan, tahun in cadangan soal unas sangat minim. Kebijakan tersebut sengaja diambil pemerintah agar tidak ada penyimpangan soal. Rubby mengatakan bahwa pemerintah menjamin jika tahun ini tidak ada naskah yang rusak. Karena itu soal cadangan diminimalkan, hal ini juga bertujuan untuk menekan kebocoran soal.

Ia menyebutkan jika sistem pengawasan tahun ini masih sama dengan tahun lalu, namun demikian pengawasan harus diperketat. “Utamanya tugas pengawasan adalah menjaga kondusivitas pelaksanaan ujian. Pengawas diminta menjelaskan tugasnya secara proporsional. Maksudnya dengan membuat suasana di ruang ujian senyaman-nyamannya, tidak terlalu longgar tetapi juga tidak terlalu kereng,” ucapnya.

Pihak sekolah diharapkan mengantisipasi adanya isu kebocoran soal unas. Menurut Rubby kemungkinan soal ujian bocor sangat minim dan yang sering terjadi adalah kunci jawaban soal unas yang beredar adalah palsu. Oleh karena itu siswa dihimbau untuk tidak percaya dengan apa pun isu yang beredar di masyarakat serta lebih banyak berlatih dan belajar agar tidak mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal ujian.


Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya