20/06/2011 15:31:43
BKN Award 2011 Untuk Pemkot Surabaya

Dinkominfo – Melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya kembali meraih prestasi dengan berhasil menyabet juara terbaik dari 11 kantor Regional se-Indonesia dalam BKN (Badan Kepegawaian Negara) Award 2011.

Tak hanya meraih BKN Award 2011 tingkat Jawa Timur saja. Di Jawa Timur, BKD Surabaya berhasil mengungguli 37 BKD lainnya di Jatim. BKD Surabaya juga memenangkan penghargaan ini karena dinilai berhasil dalam melaksanakan SAPK (Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian).

BKD Surabaya menjadi pilot project dalam pengelolaan kepegawaian berbasis IT yang meliputi pelayanan kenaikan pangkat, pelayanan pensiun, pelayanan dalam penerimaan CPNS yang dilakukan secara online serta pelayanan kepegawaian lainnya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men – PAN – RE), EE Mangindaan yang didampingi Kepala BKN Edi Topo kepada Yayuk Eko Agustin, Kepala BKD Kota Surabaya.

Yayuk tak menyangka saat menerima undangan dari BKN untuk hadir ke Jakarta dalam penerimaan BKN Award. “Tidak mudah mendapatkan penghargaan ini karena dalam penilaian, BKN menerapkan banyak kriteria secara komprehensif antara lain rekrutment CPNS dengan menggunakan teknologi informasi,” katanya.

Yayuk menyebutkan BKD Surabaya sendiri sudah menerapkan seleksi CPNS dengan menggunakan IT (teknologi informasi) sehingga bisa transparan dan tidak ada unsur KKN.

“Untuk pelayananan bidang kepangkatan juga sudah menggunakan sistem online. Bagi pegawai Pemkot Surabaya tidak perlu mondar-mandir lagi ke kantor BKD untuk mengurus kenaikan pangkat. Karena kenaikan itu akan otomatis terjadi termasuk kenaikan gaji berkala yang langsung ditangani secara cepat oleh BKD,” jelasnya.

Dengan sistem online, banyak manfaat yang diperoleh BKD yakni data-data yang tersimpan lengkap dan aman, bisa diketahui pegawai mana yang berhak naik pangkat atau mendapatkan kenaikan gaji berkala.

Pelayanan saat ini, kata Yayuk mengurusi dari sejak pegawai masuk kerja untuk kali pertama hingga pegawai tersebut pensiun. Ia berharap para pegawai bisa konsentrasi terhadap kerjanya dan meningkatkan sumber daya manusia.

BKN Award merupakan penghargaan terhadap BKD di seluruh Indonesia yang memiliki kinerja terbaik. BKN memberikan penilaian kepada 11 kantor regional II BKN Jawa Timur. Tiap daearah diwakili oleh satu BKD.(Hy)

Bookmark Button
Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya