Festival Seni Lintas Budaya 2011




Dengan tema “ Hidup Bersama dalam Keselarasan yang Sempurna melalui Keragaman Seni dan Budaya “.

Mari saksikan dan kenalilah budaya Nusantara dan mancanegara dengan segala keunikan cita rasa budaya.

Tujuan dan Sasaran

Bertujuan memperkuat kerjasama yang saling menguntungkan antara daerah-daerah di Indonesia maupun dengan negara lain.

Program sasaran utama adalah :
 
1. Memperkenalkan daerah-daerah di Indonesia kepada dunia luar maupun sebaliknya melalui pertunjukan seni budaya ;
2. Menjalin hubungan secara aktif dengan komunitas dari daerah-daerah  di Indonesia dan luar negeri 


Pelaksanaan Kegiatan


Beberapa kegiatan Festival Seni Lintas Budaya :

 
1. PAGELARAN  KOMPETISI SENI

 

Merupakan pegelaran kesenian yang dapat dinikmati oleh khalayak dari berbagai daerah nusantara dan berbagai negara. Pada festival ini akan ditampilkan Festival Tari Remo dan Festival Tari Yosakoi yang dikemas dalam bentuk kompetisi .

Diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2011 mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB bertempat di Taman Bungkul Surabaya.

  
  FESTIVAL TARI REMO

Tari Remo merupakan tarian sambutan selamat datang yang dapat disajikan oleh satu orang maupun secara massal. Tarian ini memiliki estetika dengan cita rasa khas budaya Surabaya yang menggambarkan keanggunan penarinya. Keunikan tarian ini terletak pada gemerincing gelang kaki yang terdengar sangat dinamis.

  
  FESTIVAL TARI YOSAKOI

Tarian yang berasal dari Kota Kochi Jepang ini telah diselenggarakan sejak tahun 2002 dalam rangka peringatan “Tahun Pertukaran Masyarakat Jepang - Asean” dan kerjasama kota kembar Surabaya - Kochi, Jepang. Keelokan Tari Yosakoi belum terasa lengkap bila tidak menikmati dan merasakan sensasi dan eksotisnya alat musik naruko - yang harus dipegang oleh setiap penarinya. Diiringi musik perkusi dengan beat cepat, menjadikan irama tarian terdengar sangat rancak.

   
2. Pembukaan Festival Seni Lintas Budaya 2011

 
Diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2011 mulai pukul 13.00 WIB s/d selesai bertempat Exhibition Centre Lantai VI Galaxy Mall Surabaya. Pertunjukan kesenian sekaligus pembukaan Festival Seni Lintas Budaya Tahun 2011 dengan peserta dari berbagai daerah  di Indonesia dan Luar Negeri.

3. Pertunjukan Kesenian

 
Diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2011 pukul 19.00 s/d 21.00 WIB bertempat di G Walk Citraraya Surabaya.


4. Work Shop

 

Diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2011 pukul 09.00 s/d 11.00 WIB bertempat di Gedung Kesenian Balai Pemuda Surabaya. Kegiatan ini memberi kesempatan interaksi antara masyarakat Kota Surabaya sebagai penonton dan penikmat seni dengan para penyaji dari berbagai daerah  di Indonesia maupun penyaji dari luar negeri, dan untuk mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat baik jenis tarian maupun alat musik.

  
5. Pagelaran Pertunjukan Seni

 

Diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2011 pukul 19.00 s/d 22.00 WIB bertempat di Centre Point Royal Plaza Surabaya.
Selain sebagai sebuah pagelaran seni,  ajang  ini  juga  merupakan sarana promosi yang tepat bagi berbagai daerah di Indonesia untuk mengenalkan potensi seni daerah mereka dengan menampilkan berbagai atraksi dan suguhan seni khas daerah tersebut.

  
6. Puncak Acara / Penutupan.

 
Acara puncak / penutupan Festival Seni  Lintas Budaya tahun 2011 diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2011 pukul 19.00 s/d 22.00 WIB bertempat di Halaman Taman Surya Surabaya dengan menampilkan sajian tari dari berbagai daerah di Indonesia dan juga sajian tari dari luar negeri.


   

Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya