Badan Arsip dan Perpustakaan

Alamat :

Jl. Dukuh Kupang Barat I/1 B Surabaya
Telp. (031) 5679770
Jl. Rungkut Asri Tengah 5 - 7 Surabaya
Telp. (031) 8707329

Alamat Website :

http://www.surabaya.go.id/barpus/

DASAR HUKUM ORGANISASI

  • Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Bab II Pasal 3 bagian (5))
  • Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Bab III Bagian Keempat Paragraf 7 Pasal 42)
  • Peraturan Walikota Surabaya No. 90 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Lembaga Teknis Kota Surabaya (Bab II Pasal 2)
  • Peraturan Walikota Surabaya No. 90 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Lembaga Teknis Kota Surabaya (Bab III Bagian Keenam)
STRUKTUR ORGANISASI

TUGAS POKOK

Badan Arsip dan Perpustakaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan bidang :

  • Kearsipan;
  • Perpustakaan;
  • Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian.

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Arsip dan Perpustakaan di bidang ketatausahaan.
Rincian tugas Sekretariat sebagai berikut:

  • pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana program, anggaran dan laporan Badan Arsip dan Perpustakaan;
  • pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
  • pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • pengelolaan surat menyurat, dokumentasi, rumah tangga dinas, kearsipan dan perpustakaan;
  • pemeliharaan rutin gedung dan perlengkapan/peralatan kantor;
  • pelaksanaan hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  • penilaian angka kredit jabatan fungsional.

Bidang Pembinaan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Arsip dan Perpustakaan di bidang pembinaan.
Rincian tugas Bidang Pembinaan sebagai berikut:

  • penetapan norma, standar dan pedoman yang berisi kebijakan kota berpedoman kebijakan provinsi dan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan kearsipan dinamis di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan sistem kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan jaringan kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan pengembangan sumber daya manusia kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • pembinaan kearsipan terhadap perangkat daerah kota, badan usaha milik daerah kota, Kecamatan dan Kelurahan.
  • pengawasan/supervisi terhadap penyelenggaraan kearsipan perangkat daerah kota, Kecamatan dan Kelurahan;
  • penetapan norma, standar dan pedoman yang berisi kebijakan kota berpedoman kebijakan provinsi dan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan perpustakaan di skala kota berdasarkan kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan pengembangan Sumber Daya Manusia perpustakaan skala kota sesuai kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan pengembangan organisasi perpustakaan skala kota sesuai kebijakan nasional;
  • pembinaan teknis semua jenis perpustakaan di wilayah kota;
  • pengembangan Sumber Daya Manusia;
  • pelaksanaan kerjasama dan jaringan perpustakaan;
  • pelaksanaan koordinasi pelestarian tingkat daerah kota;
  • penetapan peraturan dan kebijakan pengembangan jabatan fungsional pustakawan di skala kota sesuai kebijakan nasional;
  • penilaian dan penetapan angka kredit pustakawan pelaksana sampai dengan pustakawan penyelia dan pustakawan pertama sampai dengan pustakawan muda;
  • penyelenggaraan diklat teknis dan fungsional perpustakaan.

Bidang Informasi dan Layanan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Arsip dan Perpustakaan di bidang informasi dan layanan.
Rincian tugas Bidang Informasi dan Layanan sebagai berikut:

  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan jaringan perpustakaan skala kota sesuai kebijakan nasional;
  • pengembangan minat baca.

Bidang Akuisisi, Deposit dan Pengolahan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Badan Arsip dan Perpustakaan di bidang akuisisi, deposit dan pengolahan.
Rincian tugas Bidang Akuisisi, Deposit dan Pengolahan sebagai berikut:

  • penetapan peraturan dan kebijakan penyelenggaraan kearsipan statis di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • penetapan peraturan dan kebijakan penggunaan sarana dan prasarana kearsipan di lingkungan kota sesuai dengan kebijakan nasional;
  • pengelolaan arsip statis perangkat daerah kota, badan usaha milik daerah kota, perusahaan swasta dan perorangan berskala kota;
  • pengelolaan perpustakaan sesuai standar;
  • pengembangan sarana dan prasarana sesuai standar;
  • penetapan kebijakan pelestarian koleksi daerah berdasarkan kebijakan nasional.
FUNGSI

Dalam menyelenggarakan tugasnya Badan Arsip dan Perpustakaan mempunyai fungsi :

  • perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Daerah sesuai dengan lingkup tugasnya;
  • pembinaan dan pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78;
  • pengelolaan ketatausahaan ;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang umum dan kepegawaian;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang umum dan kepegawaian;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang umum dan kepegawaian;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian program di bidang umum dan kepegawaian;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan penyusunan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang keuangan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang keuangan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang keuangan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian program di bidang keuangan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan penyusunan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya

Sub Bidang Pembinaan Kearsipan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kearsipan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kearsipan;
  • menyiapkan bahan koordinasi pembinaan dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pembinaan kearsipan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang pembinaan kearsipan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Pembinaan Kepustakaan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pembinaan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pembinaan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang pembinaan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembinaan sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Informasi dan Layanan Kearsipan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang informasi dan layanan kearsipan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang informasi dan layanan kearsipan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang informasi dan layanan kearsipan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang informasi dan layanan kearsipan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Layanan sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Informasi dan Layanan Kepustakaan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang informasi dan layanan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang informasi dan layanan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang informasi dan layanan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang informasi dan layanan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi dan Layanan.

Sub Bidang Akuisisi dan Deposit Kearsipan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang akuisisi dan deposit kearsipan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang akuisisi dan deposit kearsipan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang akuisisi dan deposit kearsipan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang akuisisi dan deposit kearsipan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Akuisisi, Deposit dan Pengolahan sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Pengadaan dan Pengolahan Kepustakaan mempunyai fungsi :

  • menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengadaan dan pengolahan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang pengadaan dan pengolahan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang pengadaan dan pengolahan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian di bidang pengadaan dan pengolahan kepustakaan;
  • menyiapkan bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanan tugas;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Akuisisi, Deposit dan Pengadaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya