Inspektorat

Alamat :

Jl. Sedap Malam 5 - 7 Surabaya
Telp. (031) 5323398, 5312144 Psw. 555


DASAR HUKUM ORGANISASI

  • Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Bab II Pasal 3 bagian (5))
  • Peraturan Daerah Kota Surabaya No. 8 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Bab III Bagian Keempat Paragraf 9 Pasal 44)
  • Peraturan Walikota Surabaya No. 92 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Inspektorat Kota Surabaya
 

STRUKTUR ORGANISASI

TUGAS POKOK


Inspektorat mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah.


Sekretariat mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi pengawasan dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional kepada semua unsur di lingkungan inspektorat.
Rincian tugas Sekretariat sebagai berikut:

  • pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana program, anggaran dan laporan inspektorat;
  • pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
  • pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • pengelolaan surat menyurat, dokumentasi, rumah tangga, kearsipan dan perpustakaan;
  • pemeliharaan rutin gedung dan perlengkapan/peralatan kantor;
  • pelaksanaan hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  • penilaian angka kredit jabatan fungsional;
  • pelaksanaan koordinasi evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Satuan Kerja Perangkat Daerah;
  • pelaksanaan sosialisasi dan pembinaan bidang pengawasan.

Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan Wilayah I.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan I Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya ;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya ;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya ;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah I sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan II Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya ;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya ;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya ;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah I sesuai tugas dan fungsinya.

Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan Wilayah II.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan I Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah II sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan II Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya ;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya ;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah II sesuai tugas dan fungsinya.

Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan Wilayah III.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan I Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah III sesuai tugas dan fungsinya.

Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan, Pemerintahan dan Kemasyarakatan II Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai tugas :

  • mengusulkan program pengawasan di wilayah kerja sesuai bidang tugasnya;
  • mengkoordinasikan pelaksanaan pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • mengawasi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah sesuai bidang tugasnya;
  • memeriksa pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan sesuai bidang tugasnya;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Inspektur Pembantu Wilayah III sesuai tugas dan fungsinya.
FUNGSI

Dalam menyelenggarakan tugasnya Inspektorat mempunyai fungsi :

  • perencanaan program pengawasan ;
  • perumusan kebijakan dan fasilitasi pengawasan ;
  • pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan;
  • pengelolaan ketatausahaan Inspektorat ; dan
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan mempunyai fungsi :

  • mengkoordinasikan penyiapan rencana/program kerja pengawasan dan fasilitasi ;
  • menyusun anggaran inspektorat;
  • menyiapkan laporan dan statistik inspektorat;
  • menyiapkan peraturan perundang-undangan;
  • menyiapkan dokumentasi dan pengolahan data pengawasan;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  • menginventarisasi hasil pengawasan dan tindaklanjut hasil pengawasan;
  • mengadministrasikan laporan hasil pengawasan;
  • melaksanakan evaluasi dan laporan hasil pengawasan;
  • menyusun statistik hasil pengawasan;
  • menyelenggarakan kerjasama pengawasan;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Administrasi dan Umum mempunyai fungsi :

  • mengelola urusan tata usaha surat menyurat dan kearsipan;
  • mengelola administrasi, inventarisasi, pengkajian, analisis pelaporan;
  • mengelola urusan kepegawaian;
  • mengelola urusan perlengkapan dan rumah tangga;
  • mengelola urusan rumah tangga;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam menyelenggarakan tugasnya Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai fungsi Pelaksanaan Kebijakan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Inspektur Wilayah I.


Dalam menyelenggarakan tugasnya Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai fungsi Pelaksanaan kebijakan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Inspektur Wilayah II.


Dalam menyelenggarakan tugasnya Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai fungsi Pelaksanaan kebijakan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Inspektur Wilayah III.

Wisata & Lokasi Menarik
Sparkling Surabaya