Dinkominfo - Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan, maka peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di pemerintahan dengan cara yang baik dan benar agar dapat diterima oleh masyarakat.

Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kota Surabaya, rombongan dari Pemerintah Kabupaten Karangasem Bali bersama dengan 15 wartawan dari media di Kabupaten Karangasem melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Kota Surabaya untuk menggali info lebih dalam tentang tata kelola kehumasan.

"Tujuan kami kesini untuk belajar secara langsung bagaimana Pemkot Surabaya memanfaatkan media, dan bagaimana kerjasama antar Pemkot dan wartawan, karena seperti yang kita ketahui pemberitaan Surabaya di media sosial ini selalu up to date," tutur I Wayan Purna selaku Asisten Administrasi Umum Kabupaten Karangasem.

Yayuk Eko Agustin Asisten I Pemerintah Kota Surabaya menyambut hangat kedatangan rombongan asal Daerah yang memiliki tagline "The Spirit of Bali" ini. "Selamat datang di Kota Surabaya bapak ibu sekalian," ucapnya saat menerima rombongan Rabu siang (10/10).

Lebih lanjut Yayuk menjelaskan secara garis besar dalam tugas kesehariannya, Humas membuat pemberitaan mengenai program-program Pemkot kepada masyarakat melalui berbagai macam media. Mulai dari media cetak,media elektronik sampai media sosial yang akhir-akhir ini digandrungi oleh masyarakat luas.

Selain memproduksi berita-berita harian, Humas Pemkot Surabaya juga memfungsikan dirinya sebagai tempat untuk klarifikasi dari pihak wartawan terhadap suatu informasi. “Ini penting untuk digarisbawahi, humas adalah sebuah wadah bagi wartawan untuk cek dan ricek bagi wartawan mengenai sebuah informasi. Tentunya dengan adanya wadah untuk konfirmasi dari pihak luar, diharapkan agar berita yang naik tidak menjadi kontra-produktif bagi Pemkot dan juga masyrakat luas." tuturnya.

Dalam kunjungan kerja siang itu, juga dibahas mengenai program-program Pemerintah Kota Surabaya yang sukses menarik perhatian berkat andil dari para wartawan. "Kami punya beberapa program khusus yang menggaet media dan wartawan. Beberapa diantaranya ada Merdeka Dari Sampah dan Surabaya Green And Clean," tutur Dedi Irianto Kabag Administrasi Pemerintahan Kota Surabaya yang juga turut hadir siang itu. (hnm)