Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kenalkan Semangat Kepahlawanan Kepada Anak-anak, Pemkot Surabaya Kembali Gelar Surabaya Heroic Track

Rabu, 17 Oktober 2018 | 6 tahun yang lalu

Dinkominfo-Ratusan pelajar Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Surabaya berpakaian ala pejuang hadir di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Rabu (17/10). Mereka mengikuti kegiatan Surabaya Heroic Track 2018, sebuah kegiatan untuk memperkenalkan nafas perjuangan arek-arek Suroboyo dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Surabaya Heroic Track 2018 merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pemerintah Kota Surabaya sebagai rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan. Surabaya Heroic Track 2018 digelar selama lima hari dengan fasilitas lima bus tiap harinya. Ratusan peserta diajak untuk mengunjungi tempat bersejarah dalam pergerakan nasional.

Tahun ini peserta diajak untuk mengunjungi dua rekam jejak perjuangan arek-arek Suroboyo. Pada rute pertama, peserta diajak untuk mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Makam WR Supratman, rumah WR Supratman, Monumen Tugu Pahlawan, dan Museum Surabaya. Sedangkan rute kedua, peserta diajak untuk mengunjungi  Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Rumah HOS Tjokroaminoto, Museum Dr. Soetomo dan Gedung Nasional Indonesia, Monumen Tugu Pahlawan, dan Museum Surabaya.

Karina, kelas 8 SMPN 39 Surabaya mengatakan, ia mendapat pengetahuan tentang sejarah pahlawan seperti Bung Tomo, WR Supratman, dan sejarah tentang Surabaya. Ia mengaku sebelum mengikuti acara tersebut ia belum tahu secara detail tentang sejarah berdirinya Surabaya.

Lebih lanjut Karina berharap Surabaya Heroic Track lebih sering digelar agar semua orang tahu bagaimana Surabaya bisa menjadi kota Pahlawan. Ia berjanji sepulang dari acara tersebut akan menceritakan kepada teman-teman tentang sejarah berdirinya Surabaya dan bagaimana Surabaya tempo dulu. (Pri)   

Berita Lainnya