Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Sport For All, Bangkitkan Kecintaan Terhadap Olahraga Tradisional

Minggu, 23 September 2018 | 6 tahun yang lalu

Dinkominfo - Suasana riuh dan meriah menggambarkan pelaksanaan perlombaan tradisional yang digelar di halaman Universitas Airlangga Kampus C, Minggu (23/9). Dibutuhkan kekompakan aba-aba, pikiran dan gerakan dalam lomba estafet balap karung. Dengan memasukkan kedua kaki kedalam karung goni, para peserta harus beradu kecepatan dengan melompat dan estafet menempuh jarak yang telah ditentukan. Tak jarang peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Surabaya ini tidak bisa menyelaraskan antara gerak kaki dan kecepatan, bahkan terkadang sampai terjatuh.

Lomba balap karung tersebut merupakan salah satu jenis perlombaan dalam rangkaian Surabaya Sport for All dan Lomba Olahraga Tradisional yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya. Ajang perlombaan ini juga bekerjasama dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Surabaya yang dimaksudkan untuk mengembangkan dan menambah minat masyarakat terhadap potensi olahraga tradisional.

“Maksud kegiatan ini untuk mengenalkan olahraga tradisional terhadap generasi milenial. Dan meningkatkan minat kecintaan serta kemampuan dan pengembangan potensi olahraga tradisional yang ada di Jawa Timur,” terang Ketua I FORMI Surabaya, Eko Widodo disela kegiatan.

Selanjutnya menurut Eko ajang perlombaan ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan gaya hidup sehat dan bugar melalui olahraga tradisional dan olahraga rekreasi.

“Semua ini membangkitkan kecintaan kita karena dulu ketika kecil ada beraneka ragam permainan tradisional. Semoga ini mampu memberikan pemahaman generasi berikut,  generasi yang akan datang dengan kecintaan kita pada nilai tradisi,” terang Eko Widodo yang juga menjadi Ketua Pelaksana ajang perlombaan ini.

Selain estafet balap karung dilombakan pula egrang batok, lomba gasing, dan lomba panah menggunakan alat tradisional sumpit. Untuk lebih memeriahkan kegiatan, panitia juga melangsungkan jalan sehat dengan undian kupon berhadiah. Tak tanggung-tanggung, total hadiah yang bisa dibawa pulang senilai 25 juta rupiah. (hnm/rjl)

Berita Lainnya