Pagi ini, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyempatkan diri untuk memberi pengarahan dan motivasi kepada para pelajar dan guru di SMP Negeri 33 Surabaya. Hal itu dilakukan untuk menyiapkan para pelajar Surabaya menghadapi era globalisasi, sehingga para pelajar itu semakin giat belajar dan terhindar dari berbagai persoalan kenakalan remaja.
 
Dihadapan ratusan pelajar itu, Wali Kota Risma menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya adalah pentingnya belajar secara rutin. Dia menyebut bahwa kunci keberhasilan dan kesuksesan adalah dengan tidak menunda-nunda waktu belajar dengan hal yang tidak penting.
 
“Keberhasilan dan kesuksesan tidak tergantung pada orang tua, atau kalian sekolah dimana. Tapi tergantung pada kalian sendiri, mau atau tidak untuk belajar,” kata Wali Kota Risma di sela-sela acara yang bertempat di halaman Sekolah SMP Negeri 33 Surabaya, Selasa, (23/10/18).

Wali Kota Risma juga mengatakan kepada para siswa untuk tidak selalu melihat kekurangan yang dimiliki mereka. Ia juga menegaskan kepada para siswa bahwa kekurangan yang dimiliki jangan dijadikan sebagai penghalang untuk meraih sebuah kesuksesan. Menurutnya, semua anak berhak untuk meraih kesuksesan. Walaupun mereka berasal dari kalangan keluarga kurang mampu.

“Kalian bisa menjadi anak-anak yang luar biasa. Kalian tidak usah takut, tidak usah minder, tidak usah malu siapa orang tua kalian. Kalian semua berhak untuk berhasil dan berhak untuk sukses,” tuturnya.

Wali Kota dengan segudang prestasi ini juga berpesan, agar para pelajar tidak menyia-nyiakan apa yang telah diberikan oleh Tuhan. Ia mengungkapkan banyak anak-anak lain yang kurang berutung. Ia berharap agar anak-anak yang telah diberi kesempurnaan oleh Tuhan agar tidak menyia-nyiakan hal tersebut. “Ayo buktikan bahwa Tuhan itu ada, Tuhan itu maha adil. Kita buktikan kalian semua bisa, kalian bisa berhasil dan sukses, kita buktikan ke dunia,” tegasnya.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini memang dikenal sangat mencintai anak-anak. Kehadiran wali kota di SMP Negeri 33 Surabaya menunjukkan betapa pedulinya wali kota menempatkan anak-anak sebagai salah satu concern utama untuk diperhatikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ikhsan menyampaikan selama ini Wali Kota Risma secara rutin berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada para pelajar. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menyiapkan anak-anak Surabaya menghadapi era persaingan global.
 

“Bu wali memang selalu rutin bertemu dengan anak-anak. Di setiap sekolah ibu menyampaikan motivasi itu, bagaimana anak-anak untuk menyiapkan masa depannya,” kata Ikhsan.

Ikhsan menambahkan di era persaingan global, nantinya anak-anak Surabaya akan bersaing dengan anak lain di seluruh dunia. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya terus inten melakukan pembinaan dan pembekalan kepada para pelajar untuk menghadapi persaingan global tersebut.

“Jangan sampai mereka kalah dengan anak-anak yang lain. Ketika nanti mereka sudah dewasa atau nanti mereka sudah bekerja. Itu yang selalu dimotivasikan ibu wali kepada anak-anak di Surabaya,” tandasnya.