Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Jemput Bola Pelayanan Publik, Pertura Sambangi Warga Sono Indah

Rabu, 24 Oktober 2018 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya menggelar Pertunjukan Rakyat (Pertura) untuk kesembilan kalinya dalam tahun 2018. Hari ini, Rabu (24/10) bertempat di lapangan Sono Indah giliran warga Sono Indah V yang disambangi oleh Pertura. 

Meja pelayanan publik dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)dan jajaran samping berjajar rapi menyambut warga. Bak pindah kantor, warga dapat menikmati berbagai pelayanan perijinan seperti Ijin Mendirikan Bangunan, SKRK, pencatatan sipil, pembayaran PBB pasar murah, dan sebagainya. Tersedia juga meja pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum, Bank Jatim, Badan Narkotika Nasional, BPJS Kesehatan dan jajaran lainnya. 

Rangkaian Pertura dibuka dengan Tari Remo yang disajikan oleh sanggar Luhur Budaya THR Surabaya. Selain pertunjukan seni dan meja pelayanan, Pertura juga disertai dengan sosialisasi program-program Pemerintah Kota Surabaya. Sembari mendapatkan sosialisasi, warga dihibur dengan Ludruk Luhur Budaya dan alunan campursari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Warga juga dapat menikmati makanan, minuman dan produk-produk unggulan UKM yang dipamerkan oleh pegiat UKM di lingkungan Kecamatan Sukomanunggal. 

Dalam sambutannya Mochtar, Kasie Trantib Kecamatan Sukomanunggal mengatakan, acara pertura ini adalah kegiatan Pemerintah Kota Surabaya dengan harapan mendekatkan pelayanan dinas-dinas kepada warga Surabaya. Partisipasi warga diperlukan diharapkan menggairahkan kegiatan UKM. Mari kita sama-sama meningkatkan kegiatan UKM. Masih menurut Mochtar selama ini kasie perekonomian berperan dalam meningkatkan kegiatan UKM. Seperti kegiatan pahlawan ekonomi.  

Sementara itu dalam sambutannya Sri Puri Surjandari, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik mengatakan, dalam Pertura warga dapat mengurus IMB, mengurus pajak, memeriksakan kesehatan dan pelayanan lainnya. Diharapkan warga dapat memaksimalkan kegiatan ini. Lebih lanjut Kabid IKP menjelaskan, Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya juga memiliki Kelompok Informasi Masyarakat sebagai garda terdepan dalam menjembatani pemerintah dengan masyarakat. 

Seperti biasanya, Pertura juga diisi dengan sosialisasi dari berbagai instansi baik dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya maupun jajaran samping. Habib, kanwil DJP I Surabaya menjelaskan, Ditjen melakukan penurunan pajak untuk UKM Juli 2018 yang semula 1% menjadi 1/2% untuk memperluas partisipasi aktif warga dalam pembiayaan negara. Dari pajak tersebut dapat digunakan untuk pembangunan sekolah rumah sakit dan sebagainya. Masyarakat juga dapat melakukan pengurusan pajak di mall pelayanan publik Siola. 

Sedangkan, Khairuddin, BNN kota Surabaya menjelaskan, jika ada warga yang diketahui mengkonsumsi narkoba diharapkan segera untuk melapor ke BNN atau ke tempat rehab untuk mendapatkan rehabilitasi. Menurutnya, melalui rehabilitasi, para pengguna narkoba dapat berkonsultasi dengan konselor yang telah disediakan. Proses rehabilitasi memakan waktu delapan kali pertemuan dengan frekuensi sekali seminggu untuk rawat jalan. 

Selanjutnya, Dwi, pengajar Broadband Learning Center (BLC) menjelaskan, Pemerintah Kota Surabaya telah membangun Broadband Learning Center sebagai sarana belajar komputer gratis.  Dwi menjelaskan, cara pendaftarannya cukup mudah yakni dengan menyerahkan fotokopi KTP, foto berwarna dan mengisi formulir. (Pri)

Berita Lainnya