Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Pelajari Pembangunan Jaringan Infrastruktur Antar OPD Dan Data Center, Pemkab Ogan Komering Ulu Timur Kunjungi Dinkominfo

Selasa, 30 Oktober 2018 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya terus melakukan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat Surabaya. Salah satu terobosan atau inovasi tersebut adalah electronic government atau biasa disingkat menjadi e-Gov. Hal ini menarik perhatian banyak instansi lain untuk datang dan belajar tentang e-Government ke Surabaya.

Kali ini, Selasa (30/10), giliran rombongan Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatra Selatan yang berkesempatan menimba ilmu tentang implementasi e-Gov yang sukses dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya, rombongan Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatra Selatan diterima langsung oleh Cahyo Utomo selaku Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.

Ketua rombongan Dinas Komunikasi Dan Informatika Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatra Selatan Sepala Hamdani mengatakan, kedatangannya kali ini bertujuan untuk mendapatkan best practice dari implementasi sistem data dan informasi yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Kunjungan kali ini juga sebagai salah satu cara optimalisasi pengelolaan data dan informasi sesuai dengan tujuan MDGs atau Millennium Development Goals. Pemerintah Kota Surabaya dipilih karena sistem electronic government (e-Gov) dianggap berhasil diterapkan di Kota Surabaya.  

Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, dalam kesempatan tersebut menjelaskan secara garis besar tentang e Government yang diterapkan di Kota Surabaya, terdiri dari beberapa layanan publik seperti e-Surat, Surabaya Single Window, e-Health, e-Wadul, e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai Surabaya Single Window (SSW), ia mengatakan bahwa Surabaya Single Window (SSW) merupakan sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing–masing OPD dalam memberikan perizinan, dengan Surabaya Single Window, pelayanan perizinan ini lebih hemat waktu dan biaya, dan yang lebih penting lagi adalah transparansi biaya. (Noi/Pri)

Berita Lainnya