Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Kota Tua Surabaya Siap Berwarna

Minggu, 11 November 2018 | 5 tahun yang lalu

Keberadaan bangunan-bangunan tua dan bersejarah yang sebagian besar tersebar di kawasan Surabaya bagian utara membuat Pemerintah Kota Surabaya akan menjadikan kawasan tersebut sebagai kawasan Cagar Budaya.

Tepat pada sore ini bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November yang ke 73th, Pemerintah Kota Surabaya bekerjasama dengan perusahaan cat, DULUX, INDANA, NIPPON PAINT, dan EMCO melakukan kegiatan pelestarian bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama.

Bertempat di rumah Abu Han Jl. Karet 72, Walikota Surabaya Tri Rismaharini hadir untuk meresmikan kegiatan ini. Ia percaya bahwa cagar budaya berperan dalam hubungan emosional dan ketahanan manusia. Di masa lalu, kawasan Kota Lama Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. Di kawasan ini, terdapat banyak bangunan tua dan cagar budaya dengan nilai seni dan sejarah dalam pengembangan kota Surabaya.

Walikota mengatakan, akan menjadikan kawasan Surabaya Utara sebagai salah satu destinasi kawasan wisata. "Kawasan ini sebetunya sangat indah kalau dari kekayaan bangunannya, memang ada beberapa yang berubah tapi ada yang masih bisa dipertahankan." tuturnya.

Sebagai seorang ibu dari arek-arek Suroboyo, tentunya Walikota ingin roda perekonomian kota ini berputar dan merata di setiap kawasan. Tak terkecuali di kawasan kota tua Suabaya Utara ini. Sejarah mencatat bahwa di daerah ini dulunya roda perekonomian bertumpu padanya. Walikota ingin hal tersebut dapat dihidupkan kembali dengan me-revitalisasi daerah jl. Karet ini sehingga nantinya sampai malam hari pun daerah ini tetap ramai. Dengan hidupnya daerah ini, tentunya perekonomian akan meningkat dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Surabaya

Nantinya akan ada pengecatan kembali cagar budaya yang tersebar di kawasan Surabaya Utara ini, diantaranya adalah rumah Abu Han Jl.Karet 72, Rumah Jl. panggung no.19, Rumah Bantaran Ruko Jl. Karet no.63 (bantaran sungai kalimas), Toko Yanmar (eks. Rumah Kadin), dan Jl. Kembang Jepun no.2. (hnm/ynu)

Berita Lainnya