Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Lindungi Bumi, Kurangi Emisi

Kamis, 22 November 2018 | 5 tahun yang lalu

Dinkominfo-Dinas Perhubungan Kota Surabaya menggelar uji emisi kendaraan bermotor simpatik di gedung parkir Park and Ride Mayjen Sungkono, Kamis pagi (22/11). Uji emisi tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di bulan November ini.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Dishub Surabaya Budi Basuki mengatakan uji emisi itu bertujuan untuk mengetahui kadar emisi yang dikeluarkan kendaraan, layak atau tidak bagi lingkungan dan masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada pemilik kendaraan betapa pentingnya emisi gas buang, karena dampaknya bisa menimbulkan bahaya bagi masyarakat,” kata Budi.

Ia mengatakan unsur gas buang yang diukur pada pelaksanaan uji emisi untuk kendaraan roda empat/lebih ini adalah karbon monoksida dan hydrocarbon untuk kendaraan bahan bakar bensin. Selain itu juga ketebalan asap (opasitas) untuk kendaraan bahan bakar solar.

Target dari kegiatan yang dilangsungkan selama 3 kali dalam setahun ini ialah kendaraan bermotor roda 4 atau lebih yang melintas di Jl. Mayjen Sungkono.

“Sasarannya adalah semua kendaraan bermotor, kecuali roda 2. Kegiatan ini sifatnya simpatik tidak ada penindakan tilang. Harapannya masyarakat lebih sadar lagi tentang pentingnya pengecekan secara berkala pada kendaraan yang dimiliki,” ujar Bagus saat diwawancarai.

Apabila kendaraan lulus uji emisi maka akan mendapat souvenir sebagai wujud terima kasih dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya, dan jika tidak lulus maka akan mendapat kupon perawatan kendaraan.

Kegiatan uji emisi simpatik ini diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan didukung oleh beberapa pihak terkait, seperti : Gartap III Surabaya, Polrestabes Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Astra Group Surabaya, dan Otopoint Surabaya. (hnm/snd/pri)

Berita Lainnya