Dinkominfo- Sebanyak 847 Peserta yang lolos tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahap pertama di Pemerintah Kota Surabaya, hari ini mengikuti seleksi tahap kedua yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) di Gelanggang Remaja Kota Surabaya, Rabu (6/12).

"pendaftar CPNS yang lolos seleksi kompetensi dasar ada dua kategori, yaitu lolos murni atau sesuai passing grade dan lolos berdasarkan peringkat sesuai Permenpan Nomor 61 Tahun 2018" ujar Henry Rachmanto, Kepala Bidang Pengembangan dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kota Surabaya.

Ia menjelaskan, Tes SKB di Kota Surabaya digelar selama 2 hari. untuk hari pertama tes digelar sebanyak 5 kali sesi untuk pelamar formasi guru, dan tenaga kesehatan. dan 1 sesi untuk hari kedua untuk pelamar formasi umum. 

"untuk ujiannya sebenarnya sama seperti tahap pertama, hanya materi yang diujikan saja yang berbeda. jika pada tahap pertama materi yang diujikan meliputi kompetensi dasar, maka untuk tes tahap kedua ini materi yang diujikan sudah menjurus ke bidang formasi yang dilamar peserta" jelas Henry.

sementara itu ditemui saat selesai melaksanakan ujian, Anggi Maharita pelamar formasi guru sekolah dasar asal Surabaya ini mengatakan telah melakukan banyak persiapan untuk menghadapi ujian hari ini diantaranya belajar, berdoa serta menyiapkan dokumen yang diperlukan. 

"untuk sesi pertama tadi, ada beberapa teman-teman lainnya yang komputernya mengalami gangguan sehingga harus pindah ke komputer lainnya. tetapi selebihnya lancar, tidak ada masalah berarti lainnya" ujar Anggi.