Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) Diraih Surabaya

Kamis, 10 Januari 2019 | 5 tahun yang lalu

Kota Surabaya raih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) yang diselenggarakan oleh Harian Kompas dalam kategori Kota Metropolitan dengan nilai tertinggi.  Penghargaan ini diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Jakarta, Rabu (9/1).

Dalam IKCI 2018, ada 93 dari 98 kota se-Indonesia yang termasuk dalam perhitungan indeks kota cerdas. 93 kota itu, kemudian dikelompokkan dalam empat kategori. Pertama, kategori Kota Metropolitan dengan penduduk minimal 1 juta jiwa. Kedua, Kota Besar, dengan jumlah penduduk lebih dari 500 ribu jiwa kurang dari 1 juta jiwa. Ketiga, Kota Sedang, dengan jumlah penduduk lebih dari 100 ribu jiwa hingga 500 ribu jiwa. Dan Keempat, Kota Kecil, dengan jumlah penduduk paling banyak 100 ribu jiwa.

M. Fikser, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, mengatakan bahwa Penghargaan ini, diberikan kepada kota-kota yang dinilai berhasil menerapkan konsep Kota Cerdas atau Smart City. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang diterima Kota Surabaya berturut-turut setelah sebelumnya menerima penghargaan IKCI pertama di tahun 2015.

Tahun ini, Kota Surabaya berhasil meraih peringkat teratas dengan nilai 67,03. Kemudian disusul Kota Semarang, dengan nilai 63,69 dan pada urutan ketiga diraih Kota Tangerang Selatan, dengan nilai 61,68. Indikator yang menjadi penilaian adalah pemerintahan, ekonomi, mobilitas, lingkungan, kualitas hidup, dan masyarakat.

Litbang Kompas merilis daftar kota yang berhasil memperoleh penghargaan Indeks Kota Cerdas 2018. Untuk kategori Kota Metropolitan, Kota Surabaya berada di urutan pertama, disusul Semarang dan Tangerang Selatan. Sementara untuk kategori Kota Besar, diraih Kota Denpasar pada urutan pertama, disusul Surakarta dan Malang. Untuk kategori Kota Sedang, berhasil diraih Kota Manado, disusul Salatiga dan Yogyakarta. Dan terakhir, kategori Kota Kecil, diraih Kota Padang Panjang, kemudian disusul Sungai Penuh dan Solok.



Berita Lainnya