Dinkomimfo- Pelajari penerapan elektronik governement untuk pelayanan publik di Kota Surabaya, rombongan Politeknik Negeri Balikpapan kunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Selasa (12/2).

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, sebanyak 53 peserta rombongan diterima secara langsung oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinkominfo Kota Surabaya. 

Ali Abrar, dosen pembimbing sekaligus ketua rombongan dari Politeknik Negeri Balikpapan dalam sambutannya menyampaikan tujuan kunjungannya ke Kota Surabaya kali ini yaitu untuk memberikan wawasan lebih kepada para mahasiswa mengenai bagaimana penerapan aplikasi yang dipelajari di dunia kerja.

"Karna jika mengandalkan wawasan yang di dapat ketika kuliah tidak akan cukup, maka kita mengajak mereka ke Surabaya untuk menambah wawasan dan pengalaman " ujar Ali.

Sementara itu, Cahyo Utomo menjelaskan secara singkat profil Kota Surabaya. Menurutnya, untuk Pelayanan Publik, Pengelolaan Keuangan, Surat Menyurat hingga proses perencanaan di Kota Surabaya saat ini semuanya menggunakan Eletronik Government.

Menurut Cahyo, dengan menggunakan e-Government ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai jenis pelayanan, salah satunya untuk pelayanan kesehatan, Kota Surabaya memiliki aplikasi e-Health, masyarakat yang ingin berobat tidak perlu mengantri di RS atau puskesmas untuk mengambil nomor antrian. Cukup dengan membuka aplikasi e-Health yang dapat diakses dari smartphone, pasien bisa hadir ke RS/Puskesmas sesuai dengan nomer antrian dan jam periksa yang tertera dalam daftar onlinenya. (mia/kik)