Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Tenaga Kerja kembali mengadakan Bursa Kerja Terbuka. Kali ini acara digelar di Kecamatan Gayungan Kota Surabaya yang berada di Jalan Masjid Agung Timur No 2, Rabu (13/3). Para jobseeker atau Pencari Kerja sangat antusias dalam menyambut Bursa Kerja Terbuka ini.

Menurut Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya, Wieke Widyawati, pada Bursa Kerja Terbuka kali ini, peserta yang telah mendaftar secara online sudah mencapai ratusan orang. Pendaftaran melalui online dinilai lebih ringkas dan lebih menghemat biaya karena mengurangi penggunaan kertas atau yang kerap disebut dengan istilah "paperless".

Wieke, panggilan akrabnya, juga menambahkan, pencari kerja ini tidak hanya mereka yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduation saja, namun ada juga yang memang sengaja mendaftar ke Bursa Kerja Terbuka ini untuk mendapatkan pekerjaan baru. Ia berharap agar angka pengangguran di Surabaya akan semakin berkurang dan pihak perusahaan juga bisa mendapatkan tenaga kerja dengan kualifikasi yang diharapkan.

Pada Bursa Kerja Terbuka kali ini ada 15 perusahaan yang berpartisipasi dan sebanyak 433 lowongan telah disediakan bagi para pencaker (pencari kerja). Namun dengan perbandingan para pencari kerja yang sangat banyak, Wieke menghimbau agar apabila ada yang belum menerima panggilan dari perusahaan yang mereka inginkan mereka tidak boleh patah semangat dan harus mencoba kembali.

Bursa Kerja Terbuka kali ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 13-14 Maret 2018, dan dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Para pencaker bisa mendaftar secara online melalui laman disnaker.surabaya.go.id/jmf/home dan nantinya QR Code yang sudah didapatkan akan dipindai di pintu masuk. Bursa Kerja Terbuka ini tidak dipungut biaya atau gratis.