Dinkominfo-Penerapan teknologi Informasi pada proses administrasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mendapat apresiasi berbagai pihak. Salah satunya dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangkalan yang datang untuk mempelajari tentang e-Government.

Rombongan dari Kabupaten Bangkalan yang berjumlah 3 orang diterima langsung oleh Cahyo Utomo Sekretaris Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya, Kamis (23/05). Subari, Kepala rombongan Kominfo Kabupaten Bangkalan menjelaskan maksud dan tujuannya datang ke Pemerintah Kota Surabaya untuk mempelajari tentang e-Government khususnya e-Surat agar bisa diterapkan di daerah mereka.

Setelah itu Cahyo Utomo menjelaskan penerapan aplikasi pengelolaan surat menyurat secara digital/elektronik ini membuat surat terdisposisi dengan cepat sehingga proses pengambilan keputusan juga menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, menurut Cahyo Utomo dengan penggunaan e-Surat ini, Pemkot dapat menghemat biaya kertas (paperless) dan biaya pengiriman surat yang biasanya melalui kurir. "Setiap surat itu ada batas waktu pengerjaannya, jika tidak tepat waktu maka kena di sanksi. Karena di e-Surat posisi surat dapat dilacak, jadi disposisi harus cepat" jelas Cahyo.