Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Pemkot Gelar Penganugerahan Klinik Hemat Energi untuk Bidang Industri dan Hotel

Kamis, 22 Oktober 2020 | 3 tahun yang lalu

Kamis (22/10), Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menggelar Penganugerahan Klinik Hemat Energi Tahun 2020 untuk Kategori Industri dan Hotel. Acara yang digelar di Gedung Sawunggaling lantai 6 Pemkot Surabaya ini dihadiri oleh 20 peserta dari bidang Indutri dan Hotel yang sudah lolos dalam proses seleksi, yang mana seleksi penjurian ini sudah dilaksanakan mulai bulan Februari 2020. Ada beberapa kriteria penilaian dari penjurian tersebut yaitu Kebijakan, Aktivitas dan Hasil.  

Sebanyak 22 peserta dari bidang Industri dan 18 peserta dari bidang Hotel ikut berpartisipasi dalam lomba Klinik Energi ini, dari beberapa peserta tersebut kemudian di diambil 10 terbaik pada masing masing bidang. Untuk tahapan seleksi ada beberapa poin penting yaitu pengumpulan data, survey lokasi, diskusi dan di tahap akhir adalah menganalisa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Drs. Eko Agus Supiadi Sapoetro, MM dalam sambutannya menyampaikan , acara ini bertujuan untuk konservasi energi di perusahaan guna menurunkan konsumsi energi yang ada di Kota Surabaya. Dengan adanya acara tersebut diharapkan terciptanya kesadaran bagi pelaku usaha untuk menurunkan konsumsi energinya sebanyak 5% setiap bulan. Acara penganugerahan ini digelar secara rutin di tiap tahunnya, dan di tahun 2020 ini sudah memasuki tahun yang ketiga. 

Eko menambahkan bahwa besar harapannya tidak hanya dari pelaku usaha berskala besar saja yang ikut serta dalam acara ini, namun kebaikan ini bisa diterapkan di lingkungan kantor dan di industri kecil, dalam upaya untuk menekan konsumsi energi di Kota Surabaya. Dengan adanya penganugerahan ini diharapkan adanya respon yang baik dari pihak industri maupun hotel dalam meningkatkan upayanya terhadap konservasi energi, karena pengeluaran operasional terbesar di bidang industri dan hotel adalah energi, dengan demikian karena pengaruhnya sangat besar untuk menekan konsumsi energi. 

 Penghargaan untuk tiga terbaik diberikan secara langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya kepada para pemenang. Untuk kategori industri tahun 2020, PT. Salim Ivomas Pratama, Tbk terpilih menempati posisi Terbaik I disusul oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk yang meraih posisi Terbaik II, dan di posisi Terbaik III diraih oleh PT. Gunawan Dianjaya Steel, Tbk. Sementara itu, untuk pemenang dari kategori hotel tahun 2020, posisi Terbaik I diraih oleh Hotel Santika Premiere Gubeng, Amaris Hotel Embong Malang Surabaya dan Grand Darmo Suite Hotel menempati posisi Terbaik II dan III. (dna)

Berita Lainnya