Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Luncurkan Aplikasi Customer Information System (CIS), Kini Semua Pelayanan PDAM Surabaya dalam Satu Genggaman

Jumat, 23 Desember 2022 | 1 tahun yang lalu

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan di era digitalisasi, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya meluncurkan aplikasi Customer Information System (CIS), Jumat (23/12/2022). Aplikasi CIS ini merupakan pengembangan dari aplikasi “PDAM Surabaya” yang sudah ada sebelumnya.

 

“Tujuan aplikasi ini untuk memudahkan pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi dan jarang berada di rumah. CIS ini dapat diakses darimana saja. Ini upaya kami untuk semakin dekat dengan pelanggan," kata Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono di kantor PDAM Surya Sembada Surabaya.

 

Menurut Arief, fungsi aplikasi ini telah diperluas. Tidak hanya memantau pencatatan meter air, tapi juga terintegrasi menjadi portal pembayaran nontunai. Simpel dan memudahkan pelanggan.

 

CIS ini disesuaikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan, yang tadinya hanya melihat informasi pemakaian, penyampaian keluhan, pencatatan meter mandiri dan pendaftaran pasang baru. Saat ini sudah bisa melakukan pembayaran nontunai.

 

“Di CIS ini ada fitur-fitur baru yang lebih memudahkan pelanggan, antara lain ada tambahan menu pembayaran tagihan, informasi gangguan air, dan informasi loket pembayaran. Kami ingin pelanggan dapat melakukan beragam keperluannya terkait pelayanan PDAM dalam satu genggaman melalui CIS,” ungkap Arief Wisnu Cahyono.

 

Ia juga menjelaskan bahwa untuk menu pembayaran terdapat beberapa pilihan bank pada virtual account yang bisa dipilih pelanggan. Setiap bank yang dipilih akan menampilkan kode bayar yang akan dimasukkan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking. Selain virtual account pelanggan juga bisa menggunakan metode pembayaran QRIS.

 

Selain menu tersebut, juga ada tampilan mengenai informasi terbaru dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang selalu update, sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi secara real time dan tidak tertinggal informasi terbaru.

 

Cara mendownload aplikasi ini sangat mudah. Pelanggan tinggal ketik kata kunci “Customer Information System” di playstore pada telepon genggam dengan OS Android kemudian mengunduh aplikasinya. Langkah selanjutnya mengisi informasi seputar data pelanggan, nama, nomor pelanggan, nomor HP. Kemudian pelanggan akan menerima SMS kode verifikasi/ OTP (One Time Password) untuk masuk/login.

 

"Pelanggan yang mendownload aplikasi ini tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya, karena semua data itu tersimpan di server kami sendiri, dan kami jamin aman. Apalagi kami sudah ISO 27001dan sudah kerjasama dengan BSSN juga untuk keamanan sistem," tegasnya.

 

Oleh karena itu, ia berharap semua pelanggan bisa mendownload aplikasi ini untuk kemudahan pelayanan PDAM. "Hingga saat ini, aplikasi ini sudah didownload sekitar 100 ribu lebih, kami yakin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya