Accessibility Tools

  • Increase Text
  • Decrease Text
  • Grayscale
  • Negative Contrast
  • Links Underline
  • Text to Speech
  • Reset

Berita

Wali Kota Eri Cahyadi Resmikan Taman Kartika, Hasil Kolaborasi dari Berbagai Stakeholder

Rabu, 31 Mei 2023 | 1 tahun yang lalu

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Taman Kartika di Jalan Tegalsari Surabaya, Selasa (30/5/2023). Peresmian itu ditandai dengan bunyi sirine yang dilakukan oleh Wali Kota Eri bersama semua stakeholder yang turut membantu pembangunan taman baru itu. 

 

Taman Kartika itu berbeda dari biasanya. Pasalnya, di taman ini ada plaza, jogging track, playground, fitnes outdoor, dan juga panggung hiburan. Bahkan, taman ini juga dilengkapi dengan UMKM kuliner yang berasal dari keluarga miskin dan juga UMKM sekitar. 

 

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri bersyukur karena di Tegalsari tepatnya di depan kantor Kodim terdapat taman baru yang bernama Taman Kartika. Ia juga menegaskan bahwa diberi nama Taman Kartika bukan karena nama Camat Tegalsari bernama Kartika. 

 

"Namun, nama Taman Kartika ini disematkan untuk menunjukkan sinergi yang kuat antara Pemkot Surabaya dengan TNI AD atau Kodim. Nama Kartika sendiri diambil dari semboyan TNI AD yaitu Kartika Eka Paksi, yang artinya Kartika itu bintang, eka berarti satu dan pakai berarti burung. Jadi, artinya melambangkan burung gagah perkasa tanpa tanding menjunjung cita-cita tinggi dengan keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan sejati," kata Wali Kota Eri. 

 

Menurutnya, Taman Kartika ini dibangun berdasarkan kolaborasi dari semua stakeholder. Para UMKM yang berjualan di sini sudah dilatih chef profesional dari hotel, lalu rombongnya dibantu oleh BI, peralatan dapur para UMKM nya dibantu oleh Toeng Market dan modal usahanya dibantu oleh Baznas Surabaya. 

 

"Jadi, Surabaya ini kembali lagi membangun taman hasil kolaborasi dan sinergi dari semua stakeholder di Kota Surabaya. Saya merasa bangga betul menjadi bagian Kota Surabaya, rakyatnya bisa menyatu dan tidak melihat kasta dan derajat, tapi bagaimana menjadi satu kesatuan utuh," katanya. 

 

Ia juga merasa takjub dengan konsep Taman Kartika yang dinilainya sangat luar biasa. Masakannya luar biasa, tempat dan rombongnya luar biasa, peralatannya juga sangat luar biasa. 

 

"Taman ini sangat cocok untuk anak muda nongkrong. Bisa juga bareng keluarga sambil menikmati makanan yang enak, harga emperan tapi rasa luar biasa. Jadi, jangan lupa ayo datang ke Taman Kartika," ujarnya. 

 

Oleh karena itu, ia menyampaikan terimakasih banyak kepada semua stakeholder yang telah membantu dan mensupport terbangunnya taman ini. Ia yakin tempat tersebut akan menjadi tempat nongkrong dan tempat untuk ekspresi karena nanti juga akan ada penampilan seni di taman ini. "Sekali lagi, ini konsepnya luar biasa," tegasnya. 

 

Selain itu, Wali Kota Eri juga memastikan ke depannya akan ada banyak taman yang akan dibuat di Kota Surabaya. Sebab, sekarang masih banyak lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk taman. "Mungkin sampai akhir tahun nanti akan ada banyak taman yang lebih besar," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya