Dinkominfo – Bertempat di Graha Sawunggaling, Walikota Surabaya Bambang DH mengukuhkan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se-Kota Surabaya, Minggu (9/5) yang berjumlah kurang lebih 350 orang.

Ketua MUI Kota Surabaya, KH. Muchid Murthado mengatakan bahwa keberadaan MUI Kecamatan ini sangat diperlukan karena sebagai ujung tombak penanganan permasalahan keagamaan yang akhir-akhir ini semakin kompleks. “Oleh karena itu, inilah pentingnya pertemuan kali ini yaitu untuk menindaklanjuti program-program MUI dari tingkat Kecamatan hingga pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Surabaya Bambang DH dalam sambutannya menyampaikan, Majelis Ulama di tingkat kecamatan maupun kota dalam menangani berbagai persoalan yang muncul ditengah-tengah masyarakat kita hendaknya penanganan masalah tersebut sifatnya antisipatif.

“Jangkauannya harus jauh kedepan misalnya bagaimana Majelis Ulama ikut andil dalam membangun karakter. Berbagai masalah yang muncul mungkin karena karakter dan kultur yang ada tidak sesuai dengan ajaran kita,” tutur suami Dyah Katarina ini.

Cak Bambang menambahkan, apabila kita bicara masalah character building atau pembangunan karakter, itu bukanlah hal yang mudah, butuh waktu, kesabaran, konsistensi, dan juga keseriusan kita semua.

Bagi pengurus yang baru dilantik diharapkan dapat mempraktekkan semua materi yang diperoleh pada pertemuan kali ini dilapangan serta dapat menjalankan peran MUI dengan sebaik-baiknya yakni antara lain membantu pemerintah dalam memberikan pertimbangan-pertimbangan keagamaan serta sebagai wadah pertemuan silaturahmi para ulama seluruh Indonesia untuk mewujudkan ukhuwah islamiah.(dee)